Gerakan 10 Ribu USG Payudara Gratis: Love Pink dan Siloam Hospitals TB Simatupang Bersatu untuk Melawan Kanker

USG-Gratis

dr. Dewi Anggraini, MARS - CEO Silom Hospitals TB Simatupang Kanan: Barbara Samantha Islan - Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia (Love Pink) Foto: Feris Pakpahan/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Rumah Sakit (RS) Siloam TB Simatupang dan Yayasan Daya Dara Indonesia (Love Pink) bekerja sama dalam mengadakan gerakan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) payudara gratis sebanyak 10.000 kali, dengan tujuan membantu dalam deteksi dan perjuangan melawan kanker payudara.

Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia, Barbara Samantha Islan menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan wujud tanggung jawab moral kami dalam mendukung setiap perempuan dalam upaya pencegahan kanker payudara.

“Kesehatan payudara merupakan salah satu aset berharga dalam kehidupan setiap wanita, dan kami berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan guna mengurangi risiko kanker payudara,” katanya, Rabu (18/10/2023).

Menurutnya, kanker payudara merupakan ancaman serius terhadap kesehatan, yang semakin menjadi momok menakutkan dalam masyarakat, terutama bagi kaum wanita.

“Dengan lebih dari 150 ribu kasus per tahun, kanker payudara adalah jenis kanker yang paling sering terjadi di Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, sekitar 70% pasien kanker payudara didiagnosis saat sudah memasuki stadium 3,” ujarnya.

Padahal, lanjut dia, peluang kesembuhan pasien kanker payudara dapat mencapai 95% jika terdeteksi pada tahap awal.

“Tingginya tingkat kejadian kanker payudara menegaskan pentingnya deteksi dini yang harus dilakukan oleh setiap individu dan menjadi perhatian bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) RS Siloam TB Simatupang, dr. Dewi Anggraini menyebut kegiatan sosialisasi ini sebagai langkah penting dalam upaya pencegahan kanker payudara di Indonesia.

“Kami merasa bangga dan bahagia menjadi bagian dari gerakan “10 Ribu USG Payudara Gratis Love Pink x SHTB.” Melalui layanan USG Payudara Gratis, RS Siloam berharap dapat membantu masyarakat mendeteksi masalah kesehatan ini lebih awal, meningkatkan peluang kesembuhan, dan mengurangi beban yang dialami oleh para wanita di Indonesia,” katanya.

Ia menuturkan, dalam “Gerakan 10 Ribu USG Payudara Gratis Love Pink x SHTB,” RS Siloam TB Simatupang menyediakan fasilitas dan dokter spesialis untuk memberikan layanan USG payudara gratis kepada peserta.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan payudara secara berkala. Kami telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkanb, keikutsertaan Grup RS Siloam dalam gerakan 10.000 USG payudara gratis adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia.

“Grup RS Siloam dan Yayasan Daya Dara Indonesia mengundang seluruh masyarakat dan media untuk hadir dalam acara ini dan mendukung upaya pencegahan kanker payudara di Indonesia,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version