Grup RS Siloam Komitmen Lawan Kanker untuk Indonesia yang Lebih Sehat

ip

Alat PET/CT-Scan di Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospitals Semanggi Jakarta. Foto: Grup RS Siloam

INDOPOS.CO.ID – Grup Rumah Sakit (RS) Siloam melalui Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) kembali mewujudkan komitmennya untuk melawan kanker untuk Indonesia yang lebih sehat.

Sebagai pusat rujukan kanker nasional, MRCCC terus melakukan inovasi dalam pengobatan kanker dengan meresmikan 2 layanan baru dan 2 peralatan baru, antara lain Gastrointestinal Cancer Center (GCC) untuk pusat pelayanan kanker sistem pencernaan dan organ dalam, Gynaecologic Oncology Center (GOC) untuk pusat pelayanan kanker rahim, penambahan alat PET/CT untuk layanan radiologi, serta alat Flow-Cytometry untuk kanker darah.

Selain itu, GCC juga menyediakan layanan terapi rehabilitatif seperti perawatan paliatif dan unit Wound & Stoma Clinic. Hingga kini, layanan GCC mencatat pasien terbanyak kedua di MRCCC dengan lebih dari 4 ribu pasien dilayani hingga tahun 2023.

“Layanan GCC kami buat untuk dapat menjadi one-stop service untuk para pasien yang didukung oleh dokter spesialis, dokter sub-spesialis, serta perawat dan tenaga medis yang terlatih dan profesional,” ujar Dr. dr. C. Rinaldi A. Lesmana, SpPD-KGEH, FACG. FINASIM, anggota tim dokter multidisiplin layanan GCC.

Direktur MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed, MARS mengatakan, seiring dengan bertambahnya kasus kanker di Indonesia, pendekatan multidisiplin dari berbagai macam spesialis yang terkoordinasi diperlukan untuk menghasilkan prognosis optimal yang berfokus pada kesembuhan pasien.

“Untuk mendukung hal tersebut, MRCCC melakukan grand launching beberapa fasilitas baru seperti GCC, GOC, alat PET/CT kedua, dan Flow Cytometry. Di MRCCC, deteksi dini, bedah onkologi, kemoterapi, dan radioterapi dilakukan terpusat pada satu lokasi,” kata Adityawati dalam grand launching fasilitas-fasilitas baru untuk meningkatkan kualitas pengobatan kanker di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Adityawati menyampaikan, MRCCC terus mengembangkan diri dengan menyediakan berbagai modalitas pengobatan kanker seperti bedah, kemoterapi, radioterapi, serta pengobatan yang customized seperti targeted therapy dan imunoterapi sesuai dengan hasil pemeriksaan genetik masing-masing individu.

Managing Director Grup RS Siloam, Caroline Riady menjelaskan, melalui peringatan Hari Kanker Sedunia 2024, Grup RS Siloam berharap semua pihak dapat mengambil peran dan langkah untuk memastikan kesenjangan terhadap penanggulangan kanker dapat ditutup.

“Program skrining kanker payudara dengan nama Selangkah (Semangat Lawan Kanker) yang dilakukan oleh Grup RS Siloam pada tahun 2023 melalui 14 cabangnya, berhasil merangkul dan memberikan skrining pada lebih dari 11 ribu wanita Indonesia dan berhasil mendeteksi sebanyak 9 persen dari total partisipan yang terjangkit kanker payudara,” ungkapnya. (ibs)

Exit mobile version