5 Kelebihan Memasak Menggunakan Air Fryer, Tertarik Membeli?

philips

Sumber: pinterest.com

INDOPOS.CO.ID – Dengan alat masak yang lengkap, kegiatan memasak akan terasa lebih menyenangkan, efisien, dan mudah dilakukan. Selain alat masak yang lengkap, alat masak yang memiliki fitur modern juga pastinya akan memudahkan ibu rumah tangga dalam membuat hidangan.

Salah satu alat masak yang dibekali alat fitur modern yaitu air fryer. Air fryer mempunyai fungsi untuk menggoreng, memanggang, memasak daging, dan kegiatan masak lainnya.

Alat satu ini memiliki sistem kerja dengan sirkulasi udara panas hingga 200 derajat celcius. Air fryer terkenal karena dapat memasak olahan gorengan tanpa menggunakan minyak goreng.

Hal tersebut membuat air fryer menjadi alat masak modern yang dicari banyak ibu rumah tangga karena keunggulan yang dimilikinya. Banyak pilihan air fryer dari berbagai merk yang bisa Anda di pasaran.

Kalau Anda tertarik ingin membeli air fryer untuk kebutuhan memasak. Sebaiknya simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan memasak menggunakan air fryer dibawah ini.

Dengan adanya air fryer di rumah, akan sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga dalam proses memasak. Lalu, apa saja kelebihan memasak menggunakan air fryer? Berikut adalah kelebihan memasak menggunakan air fryer.

Menghemat Waktu
Air fryer sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang memberikan kemudahan selama proses memasak, termasuk fitur pengatur waktu. Fitur ini akan berbunyi saat makanan sudah siap.

Jadi, selama hidangan sedang dimasak dengan air fryer Anda bisa sambil melakukan kegiatan lainnya, seperti memotong daging, mencuci sayuran, bahkan sambil menjemur pakaian.

Alat masak ini dapat menghemat waktu sekitar 70%. Berkat fitur pengatur waktu tersebut, Anda juga tidak perlu takut lagi makanan gosong.

Membantu Mengurangi Berat Badan
Dikutip dari alodokter, menggoreng kentang dengan menggunakan air fryer mempunyai kadar lemak 70 persen lebih rendah dibanding menggoreng kentang dengan teknik biasa.

Karena dapat menurunkan kandungan lemak, hidangan yang digoreng oleh air fryer juga menjadi rendah kalori. Sehingga alat masak ini bisa membantu mengurangi berat badan, terutama bagi Anda yang sedang melakukan diet sehat.

Hasil Masakan Lebih Krispi
Kelebihan lainnya dari air fryer yaitu mampu menghasilkan makanan lebih krispi meski tanpa menggunakan minyak.

Dengan air fryer, Anda bisa menikmati makanan dengan tekstur krispi dan renyah di luar. Goreng kentang, bakwan, ayam tepung kini jadi lebih simple dan crunchy hanya dengan air fryer!

Alat Masak Serbaguna
Memiliki air fryer bisa menjadi pilihan paling tepat bagi Anda yang tidak suka masak yang ribet. Air fryer termasuk alat masak serbaguna yang bukan hanya digunakan untuk menggoreng.

Menariknya, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang, memasak daging, hingga memanaskan makanan. Bahkan, ada air fryer yang juga bisa digunakan sebagai oven, lho!

Mengurangi Cucian
Memasak makanan terkadang menjadi hal yang melelahkan karena selain proses memasak yang lama, alat masak yang digunakan juga perlu dibersihkan. Tak jarang alat masak yang digunakan cukup banyak.

Namun, dengan menggunakan air fryer Anda dapat mengurangi cucian kotor di dapur, Anda hanya perlu membersihkan bagian wadahnya saja. Proses mencucinya juga tidak terlalu sulit sebab noda yang menempel tidak banyak.

Nah, setelah mengetahui berbagai kelebihan menggunakan air fryer, ketahui juga kekurangan menggunakan air fryer agar bisa menjadi pertimbangan yang tepat saat ingin membelinya. Simak ulasannya di bawah ini.

Kapasitas Memasak yang Terbatas
Air fryer memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga Anda tidak bisa memasak banyak hidangan dalam satu waktu.

Terlebih lagi, Anda tidak bisa menumpuk makanan secara asal dalam air fryer. Alat masak ini cocok buat Anda yang tinggal sendiri maupun buat keluarga kecil.

Timbulnya Senyawa Kimia
Meski bisa menyajikan makanan lebih rendah kalori, namun makanan tersebut tidak selalu menjamin lebih sehat. Sebab, pemakaian air fryer bisa menimbulkan senyawa kimia yang berupa senyawa aldehid.

Di mana senyawa tersebut bisa memicu kanker apabila dikonsumsi terlalu sering. Dengan demikian, Anda harus lebih bijak lagi dalam menggunakan air fryer untuk memasak.

Perawatan yang Ekstra
Karena dibanderol harga yang mahal, Anda harus memberikan perawatan ekstra agar air fryer bisa digunakan dalam waktu yang lama. Anda harus sering membersihkan air fryer, khususnya pada bagian dalam wadah, pastikan tidak ada noda kotoran yang tertinggal.

Membutuhkan Banyak Daya Listrik

Air fryer termasuk alat masak elektrik yang pastinya membutuhkan daya listrik untuk digunakan. Umumnya, air fryer memerlukan daya listrik sekitar 1.000 watt. Apabila digunakan setiap hari, tagihan listrik tentu akan semakin besar, bukan?

Hal ini tentu menjadi pertimbangan Anda saat ingin menggunakan air fryer. Namun, kini ada juga air fryer low watt yang bisa Anda temui di pasaran, lho. Tentunya bisa jadi pilihan untuk Anda yang menginginkan air fryer hemat listrik.

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan memasak menggunakan air fryer yang bisa kami berikan. Setelah membaca kelebihan dan kekurangan air fryer diatas, apakah Anda tertarik untuk membeli air fryer? (srv)

Exit mobile version