BMKG: Waspadai Bencana Hidrometeorologi untuk Tiga Hari ke Depan

NASIONAL.INDOPOS.CO.ID – Dalam tiga hari ke depan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di dua puluh wilayah di Indonesia.

“Potensi hujan akan disertai kilat/petir dan angin kencang. Dan berpotensi tinggi terjadi pada siang menjelang sore hari dan malam menjelang dini hari,” ungkap Kepala Pusat Meteorologi Publik, BMKG Fahri Rajab secara daring, Senin (31/1/2022).

Ia mengatakan, cuaca ekstrem tersebut berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir bandang hingga tanah longsor.

Leih jauh ia mengungkapkan, pada saat ini Januari-Februari sebagian wilayah Indonesia memasuki puncak musim hujan, kecuali Maluku dan sebagian Papua. Di dua wilayah tersebut memasuki puncak musim hujan pada bulan Mei.

“Setelah Februari hujan bukan sudah berhenti, karena musim penhujan selesai April hingga Mei nanti,” katanya.

Ia menyebut, wilayah Indonesia yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem di antaranya: Jawa bagia Barat, sisi Barat Sumatera, Sulawesi Selatan bagian Barat dan Sulawesi Tenggara serta Kalimantan Barat bagian Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur.(nas)

Exit mobile version