Sandiaga Sebut NTB Jadi Model Pengembangan Wisata Ramah Muslim

sandiaga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat acara daring. Foto: Dok Kemenparekraf

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi model pengembangan wisata ramah muslim.

“Model pengembangan ini bisa membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan, Senin (31/1/2022).

Mantan Wagub DKI mengatakan, sederet penghargaan internasional sudah didapatkan provinsi yang memiliki julukan “Pulau Seribu Masjid” itu.

“Pasca-COVID-19 pengembangan sektor pariwisata akan difokuskan pada quality and sustainable tourism, dengan mengutamakan produk-produk unggulan pariwisata,” katanya.

“Salah satu di antaranya adalah wisata halal atau muslim friendly based,” imbuhnya.

Pada 2019 lalu, Indonesia terpilih sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia di ajang Global Muslim Travel Index (GMTI) mengungguli 130 destinasi di dunia.

Sejumlah destinasi mendapat halal travel award di antaranya Lombok, NTB yang ditetapkan sebagai The World Best Halal Tourism Destination dan The World Best Halal Honeymoon Destination.

“Wisata halal fokus untuk extension of service ketika berwisata dengan mengusung tiga konsep yaitu; Good to Have, Nice to Have, dan Must to Have,” terangnya.

Lebh jauh dia mengungkapkan, Indonesia memilik potensi besar untuk mengembangkan wisata halal. Dan menjadi destinasi muslim friendly based terkemuka di dunia.

“Pengembangan potensi wisata halal tersebut dalam upaya menciptakan lapangan kerja dan menarik devisa dari muslim traveler dengan optimal,” ucapnya. (nas)

Exit mobile version