Pembakaran Foto AHY, Pengamat: Demokrat Cari Simpati Publik

Agus Harimurti Yudhoyono

Caption : Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (DPP Partai Demokrat)

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah mengatakan, pembakaran foto Ketua Umum (Ketum) Partai Politik (Parpol) itu tidak biasa. Dari aksi tersebut diduga Partai Demokrat tengah mencari simpati publik.

“Dari aksi pembakaran Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini ada kecurigaan Partai Demokrat ingin mencari simpati dari publik,” ungkap Dedi Kurnia Syah melalui gawai, Minggu (6/2/2022).

Dugaan tersebut, menurut dia, bisa dilihat dari rentetan peristiwa yang dihadapi Partai berlambang Mercy ini. Beberapa waktu lalu, Partai Demokrat menghadapi masalah kongres luar biasa (KLB) dari kubu Moeldoko.

“Ada rentetan peristiwa KLB hingga harus menghadapinya di PTUN. Dan ada jeda cukup lama hingga saat ini,” terangnya.

“Jadi publik tidak mengikuti perjalanan AHY atau Partai Demokrat. Jadi aksi ini ada kesengajaan untuk ritme popularitas AHY,” imbuhnya.

Namun demikian, dikatakan dia, dugaan tersebut tidak sepenuhnya benar. Aksi tersebut bisa saja disebabkan adanya konflik internal di Partai Demokrat.

“Bisa saja ada konflik interest, dimana AHY tidak bisa mendistribusikan kewenangannya, sehingga tidak menyenangkan semua pihak,” katanya.

“Ada kecurigaan AHY tidak percaya diri menjaga soliditas di internal Partai Demokrat,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menilai, aksi pembakaran foto merupakan puncak kekecewaan seseorang atau kader terhadap kepemimpinan AHY. Aksi tersebut hanya refleksi diri, karena tidak bisa menyerang AHY secara personal.

“Sebenarnya aksi pembakaran itu tidak diperlukan, karena masalah internal Partai Demokrat tidak bisa menjadi besar,” ujarnya.(nas)

Exit mobile version