Program KBLBB Bisa Melibatkan Pelaku UKM

Kemenkop

Sekretaris Jenderal Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Arif Rahman Hakim. Foto: Nasuha/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kerja Sama Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim dalam acara daring, Selasa (8/2/2022).

Selain itu, menurut Arif, kerjasama juga fokus pada transformasi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). KBLBB sendiri diproduksi oleh Kementerian ESDM.

“Kita perlu bertransformasi pada pembangunan yang berkelanjutan. Mengingat dampak perubahan iklim global yang harus diatasi bersama,” katanya.

“Kami mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Apalagi, dikatakan dia, 94-98 persen UKM tertarik dengan gagasan praktik usaha ramah lingkungan. Dan 86-90 persen UKM tertarik praktik usaha ekslusif.

Lebih jauh ia mengungkapkan, data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumlah kendaraan listrik mencapai 14 ribu unit dan motor listrik sebanyak 12.460 unit. Tentu industri tersebut akan tumbuh dengan sinergi pemerintah, BUMN swasta dan UKM.

“Kami ingin momentum Covid-19 memperkuat adaptasi dan daya saing UKM,” jelasnya.

“Kami berharap kerjasama ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan nyata yang bisa mengakselerasi keterlibatan pelaku UKM pada produksi kendaraan listrik,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version