Luhut: Tren Kasus Covid-19 di Jakarta Mulai Lewati Puncak

luhut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan soal evaluasi PPKM pada 14 Februari 2022. Dok: YouTube Sekretariat Presiden. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, kasus Covid-19 di Jakarta mulai mengalami penurunan. Meski jumlahnya tidak disebutkan secara rinci.

DKI Jakarta telah menjadi provinsi penyumbang kasus Covid-19 nasional terbanyak. Bahkan jumlah kasus hariannya sempat melonjak beberapa waktu terakhir akibat Omicron.

“Tren kasus di Jakarta menunjukkan tanda-tanda mulai melewati puncaknya. Baik kasus harian, kasus aktif maupun tren rawat inap mulai menunjukkan penurunan,” kata Luhut dalam evaluasi PPKM secara virtual, Senin (14/2/2022).

Namun, kondisi kurang baik justru terjadi di wilayah lain. Pasalnya terjadi peningkatan kasus Covid-19. Setidaknya ada tiga wilayah yang mengalami kondisi tersebut.

“Peningkatan mulai terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. Tapi, itu masih di bawah puncak Delta,” beber Luhut.

Meski kasus Covid-19 naik, jumlah rawat inap pasien terinfeksi virus Corona di provinsi Jawa-Bali sebagian besar masih jauh dibandingkan saat gelombang virus Corona varian Delta.

Luhut menambahkan, jangan ada anggapan bahwa pemerintah menyepelekan situasi perkembangan pandemi saat ini. Pernyataan yang disampaikan itu berdasarkan suatu data.

“Jangan juga berpikir pemerintah mengganggap enteng. Saya hanya membicarakan data yang ada. Yang jangan membuat kita ketakutan berlebihan,” ujar Luhut.

“Tetap kita harus berhati-hati menghadapi Omicron yang belum banyak kita tidak ketahui,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version