Arifin Panigoro: Konglomerat, Politikus, Pernah Terjun di Sepak Bola

Arifin Panigoro

Pendiri dan pemilik Medco Energi, Arifin Panigoro. Foto: Instagram/@wantimpres.ri

INDOPOS.CO.ID – Pendiri dan pemilik Medco Energi Arifin Panigoro meninggal dunia di Amerika Serikat pada, Minggu (27/2/2022) waktu setempat atau Senin (28/2/2022) dini hari WIB. Pria berjuluk raja minyak itu tutup usia di umur 77 tahun.

Jenazah akan dipulangkan ke Indonesia. Almarhum disemayamkan di rumah duka Griya Jenggala, Jalan Jenggala 1 Nomor 2. Sementara itu waktu dan tempat pemakaman akan diinformasikan selanjutnya.

Ia merupakan lulusan S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973. Arifin kemudian melanjutkan studinya di Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Prancis dan lulus pada 1979.

Perusahaan Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco) bergerak dalam bidang minyak dan gas. Bisnis tersebut didirikan Arifin di Bandung pada 1972 dengan nama CV Corona Electric, yang awalnya bergerak di bidang instalasi listrik.

Secara perlahan, ia membangun Medco Energi menjadi kelompok bisnis migas berskala internasional. Salah satu tonggak sejarah Medco ialah ketika membeli Stanvac yang dimenangkan melalui tender yang kemudian namanya diubah menjadi Expan.

Dari pembelian itu, PT Stanvac tidak lagi dikuasai orang asing sebab perusahaan minyak tertua di Indonesia itu sudah dimiliki sepenuhnya oleh Medco.

Selain menjadi pengusaha, ia terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada tahun 2002 dan 2003, Arifin pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP.

Ia kemudian mengundurkan diri pada 2005 dan membentuk Partai Demokrasi Pembaruan (PDP). Pada 2019 lalu, Arifin resmi dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia dilantik di Istana Negara pada Jumat (13/12/2019), bersama delapan anggota Wantimpres lainnya, termasuk Wiranto dan Tahir. Arifin juga akrab dengan dunia sepakbola Indonesia. Tepatnya tahun 2010, dia menggelar Liga Primer Indonesia. (dan)

Exit mobile version