14 WNI Tertahan di Rumania Belum Bisa Kembali ke Indonesia

WNI Rumania

INDOPOS.CO.ID – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 14 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina belum bisa kembali ke Indonesia. Mereka masih tertahan di Bukares, Rumania.

Kemnterian Luar Negeri menyampaikan, telah 80 WNI dan tiga Warga Negara Asing (WNA) dari Ukraina. Mereka tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada, Kamis (3/3/2022).

“Terdapat 14 evacuee yang masih harus tinggal di Bucharest (Rumania) untuk sementara waktu dan belum dapat ikut rombongan kepulangan ini,” kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis (3/3/2022).

Penundaan evakuasi lantaran 12 orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara dua orang WNI lainnya memilih tinggal di Bukares menemani anak yang positif Covid-19. “Dari test yang dilakukan, 12 orang evacuee diketahui positif Covid-19,” tutur Retno.

Ketibaan rombongan WNI pertama tiba hari ini sekira pukul 17.10 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Mereka dijemput di Bukares, Rumania melalui Bandara Henri Coanda dan berangkat pada Rabu, 2 Maret 2022

Pesawat penjemput Garuda Indonesia kemudian diberangkatkan dari Bukares menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam. Rute perjalanan yang ditempuh ialah Bucharest – Madinah – Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam. (dan)

Exit mobile version