Simak, Ini Sejumlah Indikator Memasuki Fase Endemik

endemi

Ilustrasi Covid-19. Foto: Pixabay

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah tengah merancang roadmap menuju fase transisi ke endemik Covid-19.  Penanganan pandemi diklaim makin baik. Itu terbukti menurunnya kasus nasional secara signifikan. Namun, ada beberapa indikator harus diperhatikan menuju endemik.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ada dua fase yang harus dilakukan sebelum menuju situasi endemik.

“Kita sedang menyusun roadmap menuju situasi endemik. Tentunya sebelum endemik tercapai, yang harus kita lakukan dua fase sebelumnya yaitu, fase pengendalian pandemi. Kedua, fase pra endemik,” kata Nadia dalam keterangan virtual melalui kanal YouTube Kemenkes dilihat, Rabu (9/3/2022).

Ia menjelaskan, dalam masa pengendalian endemik bahwa ada indikator yang harus ditetapkan dan saat ini masih dibahas bersama para ahli kesehatan.

Hal itu untuk memastikan Indonesia pada trek yang benar untuk mencapai kondisi endemik. “Beberapa hal misalnya yang sudah menjadi pertimbangan, termasuk transmisi komunitas yang sudah ada pada level 1, kemudian cakupan vaksinasi minimal 70 persen,” jelas Nadia.

Selain itu, indikator seperti testing tracing sesuai dengan standar yang ada. “Yang pasti adalah laju penularan atau yang kita ukur dengan reproduction rate itu kurang dari 1 dalam kurun waktu tertentu,” ujar Nadia

“Jadi ini adalah beberapa hal, yang menjadi indikator kita dan dalam rangka menuju situasi (endemik),” tambahnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, mengubah ketetapan pandemi yang terdampak pada banyak negara diperlukan perbaikan kondisi kasus secara global.

“Penetapan status endemik merupakan otoritas Badan Kesehatan Dunia (WHO),” kata Wiku saat jumpa pers secara virtual soal perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia, Jakarta, Selasa (8/3/2022). (dan)

Exit mobile version