Wapres: Vaksin Booster Kita Jadikan Syarat Mudik

mudik

Ilustrasi mudik. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin membuka rencana vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster menjadi syarat kegiatan mudik bagi masyarakat pada Lebaran 2022. Meski cakupannya masih terus ditingkatkan.

“Nanti booster kita ingin jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik, selain vaksinasi sudah lengkap dua kali. Juga harus jadi booster,” kata Ma’ruf Amin dalam sebuah rekaman suara, Selasa (22/3/2022).

Jika masyarakat telah menerima vaksinasi dosis ketiga, maka syarat perjalanan tidak perlu lagi dilakukan testing Covid-19. Apalagi tren kasus harian terus menurun.

“Hingga dengan demikian tidak perlu lagi ada semacam di-PCR dan antigen, kalau tidak terjadi lonjakan-lonjakan (kasus) kalau suasana terus landai seperti sekarang,” ujar Ma’ruf.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, pemerintah sedang mengkaji aturan terkait kegiatan mudik masyarakat pada Lebaran 2022 di tengah masa adaptasi pengendalian kasus COVID-19.

“Pemerintah sedang mengkaji hal tersebut dengan memastikan bahwa penularan Covid-19 bisa dikendalikan dengan memastikan cakupan vaksinasi lengkap dan penguat yang makin tinggi,” ujar Wiku baru-baru ini.

Pemerintah juga akan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin oleh masyarakat.

Selain itu, berupaya menekan kasus harian, keterisian tempat tidur di rumah sakit dan kematian akibat Covid-19, agar bisa konsisten rendah sebagai modal dalam menghadapi Lebaran.

“Ini modal kita bersama untuk menghadapi Lebaran yang aman Covid-19,” tutur Wiku. (dan)

Exit mobile version