Terawan: Saya Sudah Disumpah Akan Selalu Baktikan Hidup Demi Kemanusiaan

terawan

Menteri Kesehatan periode 2019-20202 Terawan Agus Putranto. Foto: Muchlis - Biro Pers

INDOPOS.CO.ID – Menteri Kesehatan periode 2019-2020 Terawan Agus Putranto menyinggung soal sumpah dokter yang dijadikan landasan dalam setiap langkah mengambil keputusan. Karenanya hidupnya didedikasi demi kepentingan masyarakat.

Hal itu diutarakan menyusul kabar pemberhentian dirinya dari keanggotaaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Saya sudah disumpah akan selalu membaktikan hidup saya guna perikemanusiaan, mengutamakan kesehatan pasien dan kepentingan masyarakat,” kata Terawan seperti ditirukan mantan Tenaga Ahli (TA) Menkes era Terawan Agus Putranto, Andi melalui gawai, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Terawan menyampaikan, bahwa dia sangat menyayangi saudara-saudara sejawatnya dan hormat kepada para guru.

“Semua dokter itu sesuai sumpah kita, teman sejawat itu seperti saudara kandung, jadi saya menyayangi semua saudara saya di sana (IDI).” tutur Andi.

Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merokemendasikan pemberhentian Terawan Agus Putranto dari keanggotaan IDI. Rekomendasi tersebut dibacakan dalam Muktamar ke-31 IDI di Banda Aceh, Jumat, 25 Maret 2022.

Pemberhentian Terawan akan dilaksanakan selambat-lambatnya dalam 28 hari kerja. Terdapat lima asalan yang mendasari rekomendasi KMEK ID tersebut. Salah satunya, karena Terawan melakukan promosi kepada masyarakat luas tentang Vaksin Nusantara sebelum penelitian vaksin berbasis sel dedintrik itu selesai. (dan)

Exit mobile version