Penuh Ketulusan, Ini Pantun Minta Maaf Menyambut Ramadan 2022

Masjid

Ilustrasi masjid. Foto: Pexels

INDOPOS.CO.ID – Bulan Ramadan 2022 di depan mata. Umat Islam menyambut dengan penuh suka cita. Sekaligus menjadi momen tepat saling bermaafan. Permintaan maaf biasanya disampaikan secara langsung, maupun melalui media sosial.

Ucapan maaf disampaikan kepada keluarga, sahabat maupun kerabat. Sehingga mempererat hubungan dan berharap ibadah puasa yang akan dijalani senantiasa mendapatkan keberkahan.

Banyak cara menyampaikan permohonan maaf menjelang bulan Ramadan. Ada yang menggunakan kata-kata penuh mutiara menyentuh hati dan melalui pantun.

Berikut adalah contoh permohonaan maaf lewat pantuh yang telah dirangkung dari beberapa sumber, tentu penuh kerendahan hati dan ketulusan.

Anak Melayu memancing ikan. Perahu berlabuh ditengah lautan. Sambil menunggu datangnya Ramadhan.
Permohonan maaf kami sampaikan.

Kecubung batu dari Kalimantan. Disanding elok dengan berlian. Berhubung bulan April sudah Ramadhan. Salah dan khilaf mohon dimaafkan.

Kembang melati sungguhlah indah. Di tengah taman jadi hiasan. Harum Ramadhan tercium sudah. Kalau ada salah dan khilaf mohonlah dima’afkan.

Makan roti jangan berlari. Kalaulah jatuh kita yang rugi. Bersihkan hati sucikan diri. Sambut Ramadhan sebentar lagi.

Permintaan maaf menjelang Ramadan menjadi keutamaan, karena sebagai usaha agar menjadi pribadi yang suci ketika memasuki bulan puasa.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat 2022 atau sidang penetapan awal Ramadan 1443 Hijriah/2020 M. Pelaksanaan sidang isbat ini merupakan agenda tahunan untuk dijadikan acuan umat Muslim di Tanah Air memulai ibadah Ramadhan.

Berdasarkan keterangan resmi di laman Kementerian Agama, sidang penetapan awal Ramadhan kali ini akan digelar pada Jumat (1/4/2022) atau 29 Syakban 1443 H.

Jadwal pelaksanaan ini sesuai dengan aturan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahwa sidang isbat awal Ramadhan selalu digelar pada tanggal 29 Syakban. Pelaksanaan sidang isbat akan dilakukan secara daring dan luring.(dan)

Exit mobile version