1 Ramadan 1443 H Ditetapkan 3 April 2022

1 ramadan

Ilustrasi Bulan Ramadan. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan awal Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada, Minggu (3/4/2022). Hal itu berdasar hasil Sidang Isbat (Penetapan) pada, Jumat (1/4/2022).

Sidang tersebut dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang diikuti oleh perwakilan organisasi masyarakat Islam bersama perwakilan duta besar negara sahabat.

“Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama,” kata Gus Yaqut disapanya dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Profesor H. Thomas Djamaluddin menyatakan, pada saat Maghrib hari ini posisi bulan di Indonesia tingginya kurang dari 2 derajat dan elongasinya sekitar 3 derajat.

“Hilal kemungkinan tidak teramati (hilal). Kalau ada yang mengklaim melihat hilal, dimungkinkan itu bukan hilal. Secara astronomi klaim itu bisa ditolak,” tutur Peneliti BRIN itu.

Menurutnya secara astronomis, posisi hilal di Indonesia pada saat Maghrib 1 April 2022 masih berada di bawah kriteria baru. Itu berdasar Majelis Agama Islam Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) yang ditetapkan pada 2021, sehingga kemungkinan tidak dapat teramati.

“Di Indonesia, posisi hilal awal Ramadan 1443 H terlalu rendah. Sehingga hilal yang sangat tipis tidak mungkin mengalahkan cahaya syafak (senja), sehingga kemungkinan tidak terlihat,” cetusnya. (dan)

Exit mobile version