13 Juta Warga Jabodetabek Diprediksi Bakal Mudik Lebaran 2022

Pemudik Lebaran

Suasana terminal Kalideres Jakarta Barat tetap beroperasi saat pelarangan mudik Lebaran 2021. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diperkirakan memiliki potensi mobilitas pergerakan arus mudik Lebaran 2022 sangat tinggi.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal prediksi pergerakan mudik Lebaran
2022.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengungkap, potensi pergerakan dari Jabodetabek pada survei pertama sebanyak 9,1 juta orang atau 26,84 persen dari penduduk Jabodetabek. Survei kedua hasilnya meningkat signifikan.

“Setelah dilakukan survei kedua mengalami peningkatan menjadi 13 juta atau 38,35 persen,” kata Djoko melalui gawai, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Sementara potensi pergerakan nasional pada Lebaran 2022 adalah yang semula pada survei pertama 20,3 persen atau 55 juta orang akan melakukan perjalanan ke luar kota.

“Setelah dilakukan survei kedua mengalami, peningkatan menjadi 29,4 persen atau 79,4 juta,” beber Djoko.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sudah banyak membangun terminal penumpang yang cukup luas dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Saat ini terdapat 127 Terminal Tipe A, yang beroperasi sebanyak 119 Terminal (8 terminal belum beroperasi). Sebanyak 62 terminal sudah memiliki detail engineering desain (DED) dan sudah terbangun 26 terminal.

“Masih ada lagi sejumlah terminal tipe A yang dikelola Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ),” ujar pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata itu.(dan)

Exit mobile version