Vaksin Valneva Telah Mendapat Persetujuan di Inggris

Valneva

Ilustrasi - Valneva adalah vaksin virus corona keenam yang diberikan otorisasi MHRA. Foto: news.sky.com

INDOPOS.CO.ID – Regulator obat independen Inggris yakni Badan Regulasi Obat dan Kesehatan atau Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA) adalah yang pertama di dunia yang menyetujui produk Valneva.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Valneva ini adalah vaksin virus corona keenam yang diberikan otorisasi MHRA.

“Regulator obat independen Inggris adalah yang pertama di dunia yang menyetujui produk Valneva,” kata Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) seperti dilansir Sky News, Kamis (14/4/2022).

Kepala Eksekutif MHRA Dr. June Raine mengatakan persetujuan terhadap vaksin Covid-19 yang dibuat oleh Valneva hari ini mengikuti tinjauan ketat terhadap keamanan, kualitas dan efektivitas vaksin ini, dan saran ahli dari badan penasihat ilmiah independen pemerintah, Komisi Obat Manusia.

Valneva adalah vaksin Covid-19 seluruh virus yang tidak aktif pertama yang mendapatkan persetujuan di Inggris.

Dengan vaksin jenis ini, virus ditumbuhkan di laboratorium kemudian dibuat tidak aktif sama sekali sehingga tidak dapat menginfeksi sel atau bereplikasi di dalam tubuh tetapi tetap dapat memicu respons imun terhadap virus Covid-19.

“Proses pembuatan vaksin ini sudah banyak digunakan dalam produksi vaksin flu dan polio,” kata MHRA.

Persetujuan Valneva dilakukan ketika jumlah kematian akibat virus corona yang terdaftar setiap minggu di Inggris dan Wales terus meningkat, meskipun tingkatnya tetap jauh di bawah yang dicapai selama gelombang virus sebelumnya. (dam)

Exit mobile version