Bangunan Alfamart di Kalsel Sempat Retak 10 Detik Sebelum Ambruk

alfamart

Proses evakuasi korban yang terjebak reruntuhan bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel pada Senin (18/4/2022) malam. (Instagram/@humaspolresbanjar)

INDOPOS.CO.ID – Bangunan toko ritel modern Alfamart di Jalan Ahmad Yani Km 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ambruk rata dengan tanah pada, Senin (18/4/2022) sore kemarin.

Kepala Bidang Humas Polda Kalsel, Kombes M Rifai menyatakan, bangunan minimarket tersebut sempat mengalami keretakan sebelum roboh. Itu berdasar keterangan saksi mata dalam peristiwa itu.

“Dugaan sementara dari saksi awal menyatakan, ada retakan selama 10 detik kemudian dibarengi dengan ambruknya (bangunan),” kata Rifai dalam akun Instagram @humaspolresbanjar dilihat Selasa (19/4/2022).

Pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab runtuhnya bangunan minimarket tersebut. Fokus yang dilakukan saat ini ialah melakukan evakuasi korban yang terjebak.

“Untuk penyebabnya masih kita dalami dulu penyelidikan. Karena kita utamakan evakuasi dulu,” ujar Rifai.

Proses evakuasi dilakukan petugas gabungan dari TNI-Polri, Basarnas, BPBD, relawan hingga warga setempat. Peristiwa tersebut terjadi cukup cepat setelah adanya retakan bangunan.

“Belum ada tanda-tanda ambruk. Jadi tiba-tiba (ambruknya),” beber Rifai.

Bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, ambruk pada Senin kemarin sekira pukul 17.15 WITA. Akibatnya 16 orang menjadi korban, tiga orang dinyatakan meninggal dunia, dan lima orang terjebak. (dan)

Exit mobile version