Fase Kedua Serangan Rusia ke Ukraina Telah Dimulai

ukraina

Bendera Ukraina di Mariupol, Senin, 18 April 2022. (rt.com)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan fase kedua serangan Rusia ke Ukraina telah dimulai.

Pemerintah di Kiev mengatakan ada laporan tentang pertempuran sengit di front Donetsk, Lugansk, dan Kharkov, dan pasukan Ukraina menguasai garis itu.

“Kami sekarang dapat mengkonfirmasi bahwa pasukan Rusia telah memulai pertempuran untuk Donbass, yang telah mereka persiapkan sejak lama,” kata Zelenskyy dalam sebuah video yang diposting di Telegram pada Senin malam, seperti dikutip rt.com, Selasa (19/4/2022).

“Sebagian besar tentara Rusia sekarang didedikasikan untuk serangan ini,” tambahnya.

“Pasukan Rusia menyerang di hampir seluruh garis depan. Untungnya, militer kita bertahan,” kata Alexey Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengomentari operasi darat yang dilakukan pada hari Senin. Ada laporan dari koresponden garis depan tentang pertempuran sengit di selatan Izyum, utara Severodonetsk, dan barat kota Donetsk. Ada juga laporan tentang serangan artileri dan rudal di Kharkov, Nikolaev, dan wilayah barat laut Donetsk.

Rusia menyerang Ukraina pada 24 Februari, menyusul kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014. Moskow pada akhirnya mengakui kedaulatan Republik Donbass di Donetsk dan Lugansk.

Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS.

Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan membantah klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali kedua republik itu dengan paksa. (dam)

Exit mobile version