Antisipasi Kemacetan, Polda Jatim Imbau Pemudik Gunakan Transportasi Umum

mudik

Gubernur Jatin Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta ketika memimpin rapat koordinasi angkutan lebaran tahun 2022. Foto: Ist.

INDOPOS.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta mengimbau pemudik untuk menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan kendaraan pribadi guna mengantisipasi lonjakan kendaraan.

Hal itu disampaikan Kapolda Jatim saat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim menggelar rapat koordinasi (Rakor) angkutan lebaran tahun 2022, Sabtu (23/4/2022).

Gubernur Jatin Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, memimpin rapat koordinasi angkutan lebaran tahun 2022 Provinsi Jatim bersama seluruh Kapolres/Kapolresta dan Dandim se-Jatim.

Kegiatan diawali dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada anak yatim dilanjutkan pengarahan Forkopimda Provinsi Jatim kepada peserta rapat koordinasi.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto menyampaikan, untuk meningkatkan kewaspadaan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan mudik.

‘Antisipasi giat mudik lebaran tahun 2022 yakni kesiapan kendaraan dan keamanan rumah yang ditinggal,” ujar Pangkoarmada II.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam arahannya mengatakan, untuk melakukan upaya percepatan vaksinasi yakni pembentukan gerai gerai vaksinasi, vaksinasi door to door dan vaksinasi pelayanan Polri.

Lebih lanjut, Kapolda menambahkan, agar para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) melaksanakan rekayasa lalu lintas di lokasi wisata wilayah masing-masing apabila diperlukan untuk mengurangi mobilitas dan kepadatan.

“Perlu adanya kerja sama seluruh stakeholder terkait agar dapat mewujudkan mudik aman dan sehat” ujar Irjen Pol Nico Afinta.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto mengimbau agar melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing untuk jamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat yang mudik.

“Laksanakan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang aturan dan kebijakan terkait pengendalian arus mudik,” kata Pangdam.

“Setiap unsur pimpinan lakukan pengawasan dan evaluasi serta koordinasi dan komunikasi dengan seluruh instansi terkait,” tambahnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan terkait pengecekan vaksinasi yang sudah diterima oleh masyarakat.

“Target vaksinasi booster agar terus diakselerasi dengan tetap melaksanakan vaksin baik di siang hari maupun setelah salat tarawih,” ujar Khofifah

Khofifah juga menyampaikan untuk mengantisipasi bencana alam, kemacetan, lonjakan kunjungan wisatawan, kesiapan moda angkutan, kerusakan jalan dan jembatan, serta antisipasi lonjakan Covid-19 pasca liburan untuk kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menghadapi arus mudik.

“Masing-masing akan terus kita lakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal. Kita berharap bahwa mudik lebaran kali ini dan baliknya dalam keadaan aman dan sehat,” pungkasnya. (dam)

Exit mobile version