Ini Pesan KPAI untuk Pemudik yang Menggunakan Sepeda Motor

Jalur Mudik

Ilustrasi Mudik

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah telah mengingatkan penyelenggara transportasi tentang pentingnya membagi beban perjalanan melalui darat, laut dan udara. Juga mengimbau, pentingnya penyediaan rest area pemudik motor.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengatakan, mudik menggunakan motor tentu sangat melelahkan, belum lagi membawa barang berukuran besar dan anggota keluarga beserta anak.

Motor memang bukan kendaraan yang diperuntukkan perjalanan jauh. Sehingga sangat bijak, bila para pemudik motor tidak memaksakan diri, memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan menghentikan kendaraannya setiap 2 jam.

“Tentu saja pemerintah penting memastikan jalan dan rest area dalam kondisi sebaik mungkin, ramah dilalui dan disinggahi para pemudik motor, terutama yang membawa anak-anak” kata Jasra melalui gawai, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Pemudik perlu memperhatikan pilihan rute sepanjang perjalanan, fasilitas yang ada, keamanan, penerangan yang cukup, kebersihan, tempat jajanan sehat dan tempat istirahat.

“Menjadi harapan anak anak selama di perjalanan, perlu dipersiapkan. Seperti konsumsi air mineral yang cukup, obat obatan, jaket, jas hujan, makanan sehat dan mainan yang mau dibawa,” tutur Jasra.

Setiap tahun KPAI bersama Kementerian terkait dan lembaga serta para aktivis anak, selalu mengingatkan faktor keselamatan mudik dengan mengkampanyekan mudik ramah anak dan disabilitas.

“Hendaknya setiap jam mengecek kondisi anaknya, jangan sampai karena faktor kelelahan kemudian memaksakan diri untuk tetap berkendara,” ujar Jasra.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya akan menyiapkan rest area khusus untuk beristirahat para calon pemudik ke arah Jawa dan Sumatera. Rest area tersebut dilengkapi tempat mengisi bensin.

“Kita siapkan ada pos pelayanan rest area khusus sepeda motor. Ada tempat untuk isi bensin, ada tempat untuk istirahat sebentar,” ujar Sambodo kepada wartawan, Jumat (22/4/2022).

Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik menggunakan sepeda motor mencapai 16,9 juta orang dari total pemudik 85,5 juta orang, naik 31,5 persen dari tahun 2019. (dan)

Exit mobile version