Tak Tidur, Stasiun Pasar Senen Dipadati Pemudik Tujuan Pulau Jawa

Suasana Stasiun Pasar Senen

Calon penumpang di stasiun Pasar Senen tertidur kelelahan menunggu kereta. Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Matahari belum menampakkan sinarnya. Jam di dinding menunjukkan pukul 05.15 WIB.

Udara di Stasiun Pasar Senen cukup dingin. Tak seolah tidur, stasiun yang berada di Jakarta Pusat tersebut riuh dengan para pemudik.

“Di jalur 1 untuk keberangkatan kereta Fajar Utama Solo. Penumpang agar mempersiapkan tiket dan kartu identitas sebelum masuk,” kata petugas melalui pengeras suara.

Nampak beberapa calon penumpang setengah berlari dengan membawa koper. Namun tak sedikit calon penumpang setia menunggu kereta berikutnya untuk tiba di kampung halaman.

“Cepetan, kereta ke Solo sudah di jalur 1,” teriak salah satu calon penumpang kepada penumpang lainnya.

“Iya, kardusnya berat dan sulit untuk dipanggul,” sahut penumpang lainnya.

Disapa INDOPOS.CO.ID, Heri mengaku, sudah memesan tiket kereta sejak satu bulan lalu. “Enggak susah, asal rajin membuka aplikasi masih ada tiket. Tak jarang penumpang yang membatalkan tiket,” kata Heri kepada INDOPOS.CO.ID, Sabtu (30/4/2022).

Pria genap 27 tahun ini mengatakan, sudah tiba di stasiun Pasar Senen sejak pukul 05.00 WIB. Untuk tiket arus balik nanti, dikatakan pria yang bekerja di salah satu kantor kementerian di Jakarta tersebut, sudah memesan keberangkatan untuk tanggal 10 Mei 2022 mendatang.

“Kebetulan hari pertama masuk kerja bekerja dari rumah (WFH). Jadi sudah memesan kereta Fajar Utama Yogyakarta,” katanya.

Heri, hanya satu dari ribuan penumpang yang hendak berangkat ke kampung halaman melalui stasiun Pasar Senen. Tak sedikit di area ruang tunggu, stasiun Pasar Senen calon penumpang tertidur kelelahan menunggu kedatangan kereta.

Sementara di sudut lainnya, nampak para porter (jasa angkut stasiun) lalu lalang menawarkan jasa angkut barang kepada calon penumpang. Petugas dengan pakaian warna biru tersebut paling banyak dicari penumpang. Terutama mereka yang bepergian dengan barang bawaan yang tidak sedikit, juga mengajak anak kecil serta keluarga.(nas)

Exit mobile version