21 Kasus Diduga Hepatitis Akut Misterius Terdeteksi di Jakarta

Hepatitis

ilustrasi sakit hepatitis/ Foto: dok Indopos

INDOPOS.CO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menungkap, terdapat puluhan kasus dugaan hepatitis akut misterius yang ditemukan di Ibu Kota. Namun, hal tersebut dalam proses penyelidikan epidemiologi.

Penyelidikan epidemiologi merupakan kumpulan upaya mengetahui gambaran gejala serta penyakit penyerta dan aspek kependudukan dari kasus penyakit tersebut.

Seperti sebaran tempat atau sumber penularan, jenis kelamin, maupun usia. Hal itu berdasarkan definisi dalam laman Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi,” kata Riza di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Ia belum mengemukakan secara detail mengenai temuan puluhan kasus hepatitis akut misterius tersebut. Hanya saja disebutjan penyakit itu tidak hanya menyerang anak-anak, orang dewasa pun bisa terjangkit.

“Datanya saya tidak hapal semua. Nanti dicek ke Dinas Kesehatan ya, 21 (kasus hepatitis akut misterius) tersebar di mana saja,” ujar Ariza disapanya.

Akibat temuan kasus tersebut, masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan sekalipun pandemi Covid-19 dapat terkendali. Hal itu untuk mencegah terjangkit penyakit hepatitis akut

“Tetap laksanakan protokol kesehatan sekalipun pandemi sudah menurun gejalanya sudah berkurang, tetap laksanakan prokes. Kedua, kami minta khususnya anak-anak yang mudah terjangkit untuk ditunda dulu bermain di tempat umum,” imbuhnya.(dan)

Exit mobile version