Bendung Katulampa Siaga 3, BPBD DKI Imbau Warga Jakarta tak Khawatir

Ilustrasi banjir. (dok Indopos)

Ilustrasi banjir. (dok Indopos)

INDOPOS.CO.ID – Setiap dua jam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan informasi tinggi muka air dan cuaca di wilayah Jakarta.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala BPBD Isnawa Adji melalui gawai, Senin (6/6/2022).

Tinggi muka air bendung Katulampa siaga tiga, menurut dia, adalah hal biasa. Kondisi tersebut tidak membahayakan wilayah Jakarta. “Ini masih terkendali dan aman. Jadi tidak perlu dikhawatirkan,” terangnya.

“Yang bahaya itu kalau muka air bendung Katulampa siaga 1,” imbuhnya.

Sebelumnya, bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat yang dialiri Sungai Ciliwung mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 110 cm, sehingga berstatus siaga 3. Dan hal ini bisa menimbulkan banjir di Jakarta pada Senin (6/6/2022) malam.

Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya, Senin (6/6/2022) wilayah Puncak Bogor di Gadog, Cibinong, Kabupaten Bogor hingga wilayah Kota Bogor diprakirakan diguyur hujan sedang hingga lebat sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB malam.

Begitu pula di wilayah hulu Sungai Ciliwung di Puncak Kabupaten Bogor. Hujan bertahan sejak sore dengan intensitas yang naik turun hingga pukul 19.00 WIB. (nas)

Exit mobile version