Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia Harus Waspadai Sektor Sayap Yordania

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia menang atas tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1 dalam laga pertama Kualifikasi Piala Asia 2023. (PSSI)

INDOPOS.CO.ID – Pengamat sepak bola sekaligus komentator Binder Singh mengatakan, Tim Nasional (Timnas) Indonesia memiliki lawan cukup berat pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda menghadapi Yordania pada Minggu (12/6/2022) pukul 02.15 WIB.

Pertandingan timnas Indonesia kontra Yordania dihelat di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwati City dini hari nanti. Yordania sejajar dengan Timmas kuat lainnya di Timur Tengah. Seperti Iran, Irak, Oman, Suriah,bArab Saudi dan Uni Emirat Arab.

“Yordania merupakan salah satu tim kuat di kawasan Timur Tengah. Saya tidak melihat ranking mereka di FIFA. Cuma saya tahu, tim ini merupakan tim kuat dari kawasan Timur Tengah,” kata Binder melalui kanal YouTube-nya Bola Bung Binder, Sabtu (11/6/2022).

Kemenangan Timnas Indonesia 2-1 saat menumbangkan tuan rumah Kuwait pada Rabu (8/6/2022) menjadi modal penting laga kedua tersebut. Bahkan telah membangun kepercayaan yang tinggi bagi para pemain.

Namun, ia menekankan pertandingan lanjutan tersebut bakal lebih sulit. “Artinya level keselutitan Timnas Indonesia akan lebih tinggi pada pertandingan kedua ini,” ucap Binder.

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi usai mencetak gol di laga Kuwait vs Timnas Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: PSSI

Hasil positif pun diraih Timnas Yordania, yang berhasil unggul 2-0 atas Nepal di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Ia mengamati, para pemainnya mengandalkan teknik permainan tinggi.

“Permainan tinggi artinya mengandalkan passing atau mengoper bola, movement, dan pengusaan bola. Memang mirip seperti tiki-taka, tapi bukan tiki-taka,” tuturnya.

Bahkan para pemain Yordania terlihat cepat memberikan umpan ke sektor sayap untuk melakukan penetrasi ke tim lawan. Hal itu tentu perlu diwaspadai para pemain Timnas Indonesia.

“Passing-nya akurat, jarang banget mereka melakukan kesalahan dalam memberikan passing. Tapi ada satu hal dari permainan Yordania mengandalkan dari sektor sayap. Kemudian mereka lebih sering memberikan umpan silang,” ungkapnya.

Hasil melawan Kuwait membuat Indonesia, kini menempati peringkat kedua klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi tiga poin. Koleksi poinnya sama dengan Yordania yang duduk di puncak klasemen Grup A. (dan)

Exit mobile version