Viral Pengerjaan Proyek Kereta Cepat Hampir Sentuh Lantai Jembatan

kereta

Sebuah video menunjukan pemasangan girder yang dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC). (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Video amatir menunjukkan pemasangan girder yang dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sempat menjadi perbincangan di media sosial. Sebab, hampir menyentuh lantai jembatan.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Budi Harimawan
menjelaskan, konstruksi yang dimaksud dalam video pendek itu merupakan proyek kereta cepat milik PT KCIC di sekitar Tol Jakarta-Cikampek.

“Konstruksi tersebut milik KCIC (Kereta Cepat) lokasi di sekitar Japek Km 5-6. (Proyek KCIC bukan Proyek Tol/PUPR secara langsung),” kata Budi melalui gawai, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Ia menyatakan, Pemerintah Kota Bekasi dan kontraktor sebelumnya telah sepakat untuk menutup overpass dan menggantinya ke lokasi baru yang tengah disiapkan.

“Overpass tersebut menurut Infonya disepakati dengan Pemkot Bekasi akan ditutup dan diganti lokasi yang baru (sedang dibangun). Selama proses pembangunan overpass yang baru, warga tetap minta bisa difungsikan,” tutur Budi.

Lokasi rekaman video itu berada di atas Jembatan Antilope, Curug, Jatiasih, Kota Bekasi. Serta terlihat jembatan yang hampir tertutup itu hanya bisa dilewati sepeda motor dan mobil dengan ketinggian sedang.

“Jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1.7 meter (hanya untuk roda dua),” imbuhnya.

Video yang beredar di medsos itu terlihat sejumlah pekerja berada di lokasi tersebut. Kepala para pekerja hampir mengenai box girder. Sejumlah motor masih bisa melintas di lokasi. Tidak terlihat ada pengamanan polisi maupun Dishub di lokasi tersebut. (dan)

Exit mobile version