Menarik Jika Ada Capres Perempuan di Pemilu 2024

p3s

Dialog politik P3S secara daring. (Nasuha/INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – PDIP akan sangat kuat pada Pilpres 2024. Bayangkan saja bukan hanya mereka menguasai 128 kursi di DPR tapi mereka memilik 215 kepala daerah di Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie dalam acara dialog politik secara daring, Kamis (23/6/2022)

Ia mengatakan, akan menarik di pilpres 2024 nanti ada calon presiden (capres) dari kalangan perempuan. Dan, menurut dia, Puan punya potensi untuk itu. Bisa maju menjadi capres ataupun wakil presiden.

“Megawati yang menentukan siapa capres PDIP. Ingat, pada pemilu 2019 lalu ada 187 juta didominasi oleh pemilih perempuan,” katanya.

“Jadi Puan harus menjangkau kelompok gender terlebih dulu. Dari performance politik Puan sosok yang alami, punya pengalaman Menteri dan kini Ketua DPR,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, ada banyak negara yang berhasil dipimpin perempuan, misalkan PM Inggris Margareth Teacher, PM India Indira Gandhi sampai Presiden Pakistan Benazir Bhutto.

“Di Indonesia juga pernah dipimpin presiden perempuan yakni Megawati Soekarnoputri,” katanya.

Berbeda di Amerika, masih ujar dia, capres didominasi kelompok male atau pemimpin maskilin bukan feminim. Lantaran sejak awal konstitusi mereka hanya Male (pria) yang bisa memimpin negara adikuasa tersebut.

“Tapi berbeda dengan Indonesia, yang mana tak ada Undang-undang (UU) yang melarang perempuan menjadi capres,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version