Soal Kenaikan Harga Cabai Dianggap Bonus Petani, Mendag Dianggap Salah Nalar

mendag

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melakukan sidak harga bahan pokok di salah satu pasar. (Instagram/@zul.hasan)

INDOPOS.CO.ID – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyayangkan pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan yang menganggap kenaikan harga cabai sebagai bonus bagi para petani cabai.

Menurut Wasekjend IKAPPI Bidang Pembinaan Pasar dan Pendidikan Pedagang Pasar, Ahmad Choirul Furqon, pernyataan Mendag tersebut merupakan kesalahan nalar.

“Kami sangat menyayangkan pernyataan Menteri Perdagangan Bapak Zulkifli Hasan. Entah itu diniatkan guyonan atau tidak, namun hal tersebut tidak sepantasnya dilakukan seorang Menteri, jangan hibur pedagang atau petani dengan logical fallacy atau kesalahan berlogika,” ujar Furqon melalui gawai, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

IKAPPI menilai, bahwa masalah yang terjadi tidak semudah yang dijelaskan oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. Justru lebih rumit dari yang dibayangkan.

“Yang terjadi di lapangan jauh lebih komplek dan sebenarnya harus segera diberikan penanganan serius,” tutur Furqon.

Ilustrasi. Suasana pasar tradisonal di Jakarta Barat. (Indopos.co.id/Dhika Alam Noor)

Ia mengemukakan, sebenarnya harga dari para petani normal dan tidak ada kenaikan signifikan.

“Kami sedikit banyak berdiskusi dengan beberapa petani, mereka mengatakan harga dari petani normal, bahkan tidak ada kenaikan yang signifikan, hal ini juga telah diafirmasi Mentan beberapa hari yang lalu,” ujar Furqon.

“Jadi apabila terjadi kenaikan harga yang tidak rasional, berarti ada masalah besar di jalur tengah, yaitu rantai distribusi pangan,” tambahnya.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menganggap harga bahan pangan pokok yang mengalami kenaikan sangat signifikan, salah satunya yaitu cabai sedang mahal sebagai bonus bagi para petani cabai.

“Kalau cabai keriting cabe merah musiman ya sekali-kali petani dapat bonuslah,” kata Zulkifli ditemui di Istana Negara, Senin (20/6/2022). (dan)

Exit mobile version