Yenny Wahid: Tjahjo Kumolo Punya Kekuatan Memegang Visi Kebhinekaan

Yenni Wahid

Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid menghadiri tahlilan Tjahjo Kumolo di rumah dinasnya kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid mengenang almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Mereka kerap membahas banyak hal tentang kebangsaan.

Yenny mengemukakan, almarhum Tjahjo mempunyai hobi mengumpulkan keris. Merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai dan filosofi tinggi.

“Beliau (Tjahjo) itu memang punya kedekatan juga dengan kelaurga kami dari sejak zaman Gus Dur, kemudian kami sambung, saya dan suami cukup dekat dengan mas Tjahjo. Dari urusan kebangsaan sampai urusan keris,” kata Yenny Wahid di rumah dinas almarhum Tjahjo Kumolo, Jakarta, Jumat (1/7/2022) malam.

Ia menilai, sosok Tjahjo sangat kental sekali menghargai tradisi budaya Indonesia. Tak heran mereka suka membicarakan tentang banyak hal berkaitan dengan aspek kebudayaan.

“Kami tentu kehilangan yang sangat dalam, karena sosok seperti beliau sangat langka, orang yang mengakar pada tradisi. Orang yang punya kekuatan dalam memegang visi tentang kebhinekaan,” ujar Yenny.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7). Foto: Kementerian PANRB untuk INDOPOS.CO.ID

Bahkan sosok Tjahjo semasa hidup kerap mengaplikasikan ajaran Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno. “Orang yang betul betul ingin mengamalkan (ajaran-red) Bung Karno. Anak idelogis bung Karno,” cetusnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB setelah menjalani perawatan beberapa hari di rumah sakit.

Jenazah Tjahjo disalatkan di masjid di Kemenpan-RB. Almarhum kemudiam dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) sore.(dan)

Exit mobile version