Beda Suara Wapres dan Menkes soal Aturan Masker Dinilai Bikin Lambat Pengendalian Covid-19

masker

Ilustrasi pemakaian masker di tengah masa pandemi Covid-19. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yang berbeda soal aturan pemakaian masker di luar ruangan membingungkan masyarakat. Bahkan dinilai memperlambat penanganan Covid-19.

Wapres Ma’ruf Amin menyatakan, pemerintah menarik aturan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan pada, Jumat (1/7/2022). Mengingat kasus konfirmasi positif Covid-19 mengalami peningkatan.

Sedangkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi justru menyatakan aturan pelonggaran masker di luar ruangan belum berubah. Pemerintah masih tetap menjalankan kebijakan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane menilai demikian bahwa suara pejabat pemerintah berbeda dalam aturan pemakaian masker di tempat terbuka.

“Menghambat mungkin tidak, tapi memperlama proses pengendalian (Covid-19),” kata Masdalina Pane saat dihubungi, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Ilustrasi – Aktivitas warga dengan menerapkan prokes saat PPKM Level 2 di Jakarta. Foto: Instagram/@dkijakarta

Padahal strategi utama selama pandemi Covid-19 yang masih berlansung itu sederhana yakni, 3M mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Serta 3T (testing, tracing dan treatment) oleh pemerintah dengan dukungan semua lapisan masyarakat

“Pemerintah harus berhati-hati dalam komunikasi risiko, karena kalau berbeda pernyataannya akan membingungkan masyarakat,” ujar Masdalina.

Ma’ruf Amin mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker. Pelonggran bakal kembali diberlakukan jika situasi Covid-19 telah terkendali.

“Protokol kesehatan tetap kita ketatkan, masker terutama ya, ada kenaikan terpaksa masker harus dipakai lagi. Jadi kelonggaran itu kita tarik dulu sampai nanti situasinya memungkinkan baru kita buka lagi,” kata Ma’ruf di NTB, Jumat (1/7/2022).

Menkes Budi gunadi menyebut, kebijakan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan belum berubah. “Belum ada perubahan dari kebijakan mengenai masker dari yang terakhir disampaikan pemerintah. Jadi, di luar (ruangan) diizinkan untuk tidak menggunakan masker,” kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/7/2022). (dan)

Exit mobile version