Merayakan Hari Raya Iduladha, Menag: Kurban itu Tuntunan Nabi Ibrahim

haji

Jamaah haji ikuti petugas di Tanah Suci. Foto: Kemenag untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Selamat merayakan Iduladha. Mari kita semua merayakan dengan gembira dan kita melaksanakan kurban sebagaimana tuntunan Nabi Ibrahim kepada kita semua.

Ucapan tersebut diutarakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada seluruh jamaah haji dan seluruh umat Islam yang ada di Indonesia dalam keterangan, Minggu (10/7/2022).

Berhaji maupun kurban, menurut dia, simbolisasi dari keikhlasan. Keikhlasan kita sebagai manusia di hadapan Allah SWT.

“Kurban itu simbolisasi keikhlasan kita, jiwa-jiwa besar kita kepada bangsa dan negara. Semoga saudara-saudara kita yang mampu bisa melaksanakan kurban sebagai simbolisasi jiwa besar yang kita butuhkan bagi negeri dan bangsa kita ini,” ujarnya.

Ilustrasi hewan kurban sapi. Foto: Dokumen

Sementara, lanjut dia, khusus bagi jamaah haji yang kemarin usai menjalankan ibadah wukuf dan hari ini mulai melakukan lempar jumrah. Ia berpesan kepada seluruh jamaah tetap menjaga kesehatan.

“Jamaah harus jaga stamina, jangan lakukan kegiatan yang tidak diperlukan,” ujarnya.

Selain itu, masih ujar Menang, jamaah juga diminta tetap mengikuti arahan petugas dan pembimbing haji. “Jangan ambil inisiatif-inisiatif sendiri. Ikuti saja. Karena di Mina ini puncak kebutuhan fisik, jamaah sangat membutuhkan kekuatan fisik. Saya harap jamaah tetap jaga stamina dan ikuti pembimbing ibadah,” katanya. (nas)

Exit mobile version