Kritik Zulhas, Ikappi: Persoalan Migor Jangan Bercampur Aduk Persoalan Politik

Zulkifli-Hasan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sedang mengecek harga minyak goreng di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara. Foto: Biro Humas Kemendag

INDOPOS.CO.ID – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyesalkan video viral yang beredar tentang Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas bagi-bagi minyak goreng dan berkampanye untuk anaknya.

Meski serba sulit karena Zulhas merupakan ketua umum partai politik, satu sisi punya tugas menyosialisasikan partainya atau keluarganya. Termasuk puterinya bakal maju dalam Pemilu 2024.

Sementara di sisi lain harus menyelesaikan persoalan-persoalan minyak goreng (migor) yang dihadapi saat ini. Ikappi meminta agar Mendag Zulhas fokus bekerja sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Maka, kami berharap agar fokus kerja menteri perdagangan pada penyelesaian persoalan-persoalan minyak goreng. Dan tidak bercampur aduk pada persoalan politik,” kata Sekretaris Jendral Ikappi Reynaldi Sarijowan melalui gawai, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Foto: YouTube Sekretariat Kabinet

Ia menyadari, bakal sulit dihindarkan tugas melekat dari menteri perdagangan sekaligus sebagai ketua umum partai, tentu akan bercampur aduk.

Penurunan harga minyak goreng curah di pulau Jawa memang terhitung efektif, namun belum merata di seluruh pasar-pasar di Jawa.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan mendag dalam rangka melakukan distribusi diseluruh pasar dan mengguyur minyak goreng curah di pasar-pasar,” ujar Reynaldi.

“Setelah efektif seluruhnya Rp14 ribu per liter tinggal fokusnya adalah menyelesaikan atau menurunkan harga di luar Jawa. Ini bukan tugas mudah,” tambahnya.

Video kampanye itu terekam dan tersebar di media sosial Twitter. Zulhas hadir pada acara PAN-Sar dalam kunjungan kerjanya sebagai Mendag di Provinsi Lampung. Ia terlihat turut di dampingi sejumlah kader partai bersama sang putri sulungnya, Futri Zulya Savitri untuk maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.(dan)

Exit mobile version