Zulhas Kampanye Pilih Anaknya, Bawaslu Diminta Turun Tangan

Menteri-Perdagangan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau sejumlah tempat penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR) di beberapa toko kelontong di wilayah Klender, Jakarta, Rabu (22/6/2022). Foto: Kemendag untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti meminta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), memeriksa kegiatan Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bagi-bagi minyak goreng dan berkampanye anaknya.

Zulhas baru-baru ini terekam kamera bagi-bagi minyak goreng gratis, sekaligus mempromosikan sang putri, Futri Zulya Savitri untuk maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Menurutnya, ajakan untuk memilih tersebut berkaitan dengan Pemilu, maka sudah sepatutnya Bawaslu bekerja memeriksa apakah ada unsur pelanggaran di dalamnya.

“Bawaslu sudah semestinya melihat hal ini sebagai bagian dari aktivitas pemilu. Karena itu, diharapkan bisa bertindak memeriksa kegiatan ini apakah termasuk pelanggaran pemilu atau tidak,” kata Ray melalui gawaiz Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Foto: YouTube Sekretariat Kabinet

Ia berpendapat, terdapat dua hal yang harus ditindaklanjuti oleh lembaga pengawas Pemilu. Nyata-nyata ajakan untuk memilih itu dimaksudkan untuk Pemilu atau Pilkada 2024 mendatang.

“Bawaslu dapat bekerja setidaknya pada dua ranah isu sekaligus. Pertama, apakah ada kampanye terselubung atau kampanye tidak waktunya. Kedua, apakah ada praktek politik uang di dalamnya,” ujar Ray.

Ia menambahkan, tindakan yang dilakukan Zulhas jika terbukti melakukan kampanye merupakan suatu kurang elok dilakukan.

“Adanya ajakan agar masyarakat yang menerima bantuan minyak goreng dimaksud untuk memilih kader PAN yang merupakan putri dari pak Zulhas sendiri, sesuatu yang kurang patut,” imbuhnya.

Video kampanye itu terekam dan tersebar di media sosial Twitter. Zulhas hadir pada acara PAN-Sar dalam kunjungan kerjanya sebagai Mendag di Provinsi Lampung. Ia terlihat turut di dampingi sejumlah kader partai bersama sang putri sulungnya, Futri.(dan)

Exit mobile version