Inflasi Mengkhawatirkan, Indef: Butuh Peta Jalan untuk Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Inflasi

Ilustrasi inflasi. Foto: Kemenkeu untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kuncinya Indonesia harus mencapai kemandirian ekonomi. Kendati itu tidak bisa diwujudkan dalam waktu cepat

Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus secara daring, Kamis (14/7/2022).

Ia menyebut, butuh peta jalan dan harus konsisten dilakukan agar kemandirian ekonomi bisa terwujud. Mulai dari industri dan seterusnya.

Sehingga, lanjut dia, ketika terjadi gejolak ekonomi global, Indonesia tidak lagi tergantung dunia. “Kalau kemandirian ekonomi sudah terwujud, kita tidak lagi tergantung dinamika dan eskalasi global,” katanya.

Heri memperkirakan target inflasi tahun ini tidak mungkin tercapai. Apalagi, dari YoY (year of year) sudah di atas 4 persen.

Ilustrasi Inflasi

“Akhir tahun mungkin bisa di atas 6 persen. Kemudian kalau pertumbuhan ekonomi kita hanya 5 persen, maka inflasi kita lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

“Ini jelas akan menurunkan kesejahteraan. Ini yang harus diperhatikan pemerintah dengan mwnjga daya beli masyarakat,” tambahnya.

Heri mengungkapkan, pemerintah bisa menjaga daya beli masyarakat melalui program bantuan. Dan memberikan fasilitas bagi produsen pertanian.

“Jadi inflasi yang tinggi saat ini bisa dikompensasi dari pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.(nas)

Exit mobile version