KKB Tembak 12 Orang di Nduga Papua, Begini Kronologinya

Penembakan

Ilustrasi penembakan. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua kembali berulah dengan kejam. Mereka melakukan penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil pada, Sabtu (16/7/2022).

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan kejadian penyerangan dan penembakan tersebut.

“Benar, ada penyerangan dan penembakan oleh KKB di Kampung Nogokait Kabupaten Nduga pada hari ini (Sabtu) pukul 09.15 WIT,” kata Kamal dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022).

Ia mengungkapkan kejadian tersebut berawal saat korban dalam perjalanan dari Kampung Kenyam tujuan ke Batas batu menggunakan Truk Dyna warna merah orange. Saat itu, korban posisi duduk di bak belakang mobil.

“Pada saat melintas di Kampung Nogulait tiba-tiba diadang di tengah jalan kurang lebih berjarak 50 meter oleh KKB, dengan jumlah sekitar 20 orang dengan tiga orang membawa senjata api panjang, dan satu orang terlihat membawa senjata pendek warna silver,” tutur Kamal.

Penembakan itu terus dilakukan saat mobil berhenti dan langsung ditembak kearah mobil dengan jarak kurang lebih 50 meter. “Sopir berusaha memundurkan mobil dengan jarak kurang lebih 100 meter, kemudian tetap ditembak kearah mobil mengenai sopir,” ujar Kamal.

Ia menjelaskan para korban ditemukan di 4 TKP di antaranya di Jalan dekat Truck dan di motor ditemukan tiga korban, selanjutnya 3 meter dari tempat pertama menuju ke arah batas batu dekat warung kelontongan ditemukan enam korban.

Selain itu, satu orang di belakang warung, selanjutnya di tanjakan satu orang korban ditemukan di pinggir jalan dan terakhir ditemukan di jalan dekat dengan mobil Bupati.

“Hingga saat ini, anggota Polres Nduga dibackup Satgas Damai Cartenz dan rekan-rekan TNI, masih terus mendalami latar belakan dari perbuatan keji KKB tersebut dan melakukan pengejaran terhadap pelakunya” bebernya. (dan)

Exit mobile version