Bharada E Bungkam Usai Diperiksa Komnas HAM

bharada e

Ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo, Bharada E tidak berkomentar setelah selesai diperiksa Komnas HAM soal insiden baku tembak sesama polisi. Foto: Indopos.co.id/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah selesai melakukan, pemeriksaan sejumlah ajudan Irjen Ferdy Sambo soal peristiwa baku tembak sesama polisi di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Adu saling tembak itu melibatkan Brigadir Pol Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan rekannya Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo. Akibat kejadian itu Birgadir J meninggal dunia.

Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam menyatakan, ada enam orang ajudan Ferdy Sambo yang telah diperiksa. Pemeriksaan terhadap mereka dilakukan secara dalam ruangan terpisah.

“Jadi sejumlah orang itu diperiksa dalam ruangan terpisah. ini penting kami lakukan. Kami lakukan pemeriksaan tidak di tempat yang tidak sama,” kata Anam di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Ilustrasi senjata api. Foto: Freepik

Mereka keluar tidak berbarengan, lima orang ajudan Ferdy Sambo keluar lebih dulu dari kantor Komnas HAM sekira pukul 17.25 WIB. Sementara Bharada E baru keluar sekira 18.30 WIB.

Saat disinggung soal pemeriksaan, Bharada E tidak berkomentar apapun. Bahkan ketika memasuki kendaraannya yang terparkir di halaman Komnas HAM tidak ada satu kalimat yang terlontar dari mulutnya.

Komnas HAM kemarin telah memeriksa Tim Forensik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), yang sempat mengotopsi jenazah Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat. Termasuk mengecek jenazah sebelum dan sesudah diotopsi.

Polri telah menaikkan status kasus baku tembak sesama polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo ke tahap penyidikan.

Ada dua laporan yang dikaporkan ke Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Selatan dalam kasus itu, yakni terkait pelecehan dan pengancaman terhadap istri Ferdy Sambo. (dan)

Exit mobile version