Kasus Cacar Monyet, DPR: Jangan Ulang Kesalahan Sama Pandemi Covid-19

Penyakit-Camon

ilustrasi cacar monyet (dok indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah harus segera merumuskan langkah antisipatif mencegah masuknya cacar monyet ke Indonesia. Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher melalui gawai, Selasa (26/7/2022).

Pemerintah juga, menurut dia, harus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang medium penularan, cara pencegahan, dan faktor yang bisa memicu terjangkitnya penyakit cacar monyet. “Langkah preventif harus lebih diutamakan mengingat masih minimnya sosialisasi mengenai penyakit ini,” ujarnya.

Studi yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine memaparkan jika cacat monyet dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.

Ilustrasi seseorang terkena cacar monyet. Foto: Freepik

“Kita harus belajar dari pandemi Covid-19. Sebagai negara yang belum terjangkit saat itu, jangan bersikap seolah meremehkan sehingga terlambat melakukan antisipasi,” terangnya.

“Jangan kemudian kita panik dan baru bertindak setelah ditemukan satu kasus yang kemudian merebak dengan sangat cepat. Kita jangan lengah dan terlambat melakukan antisipasi,” imbuhnya.

Ia mengingatkan, agar pemerintah tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan lebih waspada karena penyakit cacar monyet muncul seiring naiknya kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Pemerintah harus terus memantau dan melakukan penelitian terhadap penyakit cacar monyet, termasuk menemukan vaksin dan obatnya,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version