Komnas HAM Bakal Periksa Bharada E dan Seluruh Ajudan Ferdy Sambo

Komisioner-Komnas-HAM-Choirul-Anam

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merilis perkembangan terbaru terkait penyelidikan peristiwa baku tembak sesama polisi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang telah dinonaktifkan. Foto: Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal memeriksa ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang telah dinonaktifkan pada Selasa (26/7/2022). Pemeriksaan itu merupakan rangkaian pendalaman kasus baku tembak sesama polisi.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam memberikan bocoran sekaligus mengkonfirmasi agenda tersebut. Hanya saja, awalnya tidak disampaikan secara gamblang mengenai sosok yang diperiksa tersebut.

“Apa agendannya tunggu, setelah (waktu) magrib undangan resminya,” kata Anam usai melakukan pemeriksaan Tim Forensik Polri di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Nyatanya undangan resmi tersebut baru dikirimkan pihak Humas Komnas HAM sekira pukul 21.00 WIB. Dengan memberikan keterangan waktu, tempat dan tujuan dilakukan agenda itu.

“Dalam rangka melengkapi rangkaian pemantauan dan penyelidikan peristiwa baku tembak di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Komnas HAM akan melakukan permintaan keterangan dari Adc Irjen Ferdy Sambo pada Selasa, 26 Juli 2022,” tulis undangan tersebut.

Komnas HAM meminta keterangan lengkap para ajudan Ferdy Sambo, termasuk Bharada E terkait kematian Brigadir J. Permintaan keterangan diagendakan pukul 10.00 WIB-selesai.

ilustrasi tim forensik kedokteran
Foto: Polri for indopos.co.id

Adu tembak itu melibatkan Brigadir J dengan rekannya Bharada E di rumah dinas Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Irjen Ferdy Sambo yang telah dinonaktifkan. Akibat kejadian itu Brigadir J meninggal dunia.

Komnas HAM telah memeriksa Tim Forensik Kepolisian Indonesia (Polri), yang sempat mengotopsi jenazah Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat. Termasuk mengecek jenazah sebelum dan sesudah diotopsi.

Polri telah menaikkan status kasus baku tembak sesama polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo ke tahap penyidikan.

Ada dua laporan yang dikaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan dalam kasus itu, yakni terkait pelecehan dan pengancaman terhadap istri Ferdy Sambo. (dan)

Exit mobile version