Soal Luka Brigadir J, Komnas HAM: Ditembak dari Jarak Dekat

Komnas HAM

Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam. Foto: Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengemukakan, temuan luka tembak di tubuh Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat. Dugaan kuat menunjukan bahwa mendiang Yosua ditembak dari jarak dekat.

Menurut Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, temuan tersebut merupakan hasil kesimpulan sementara terkait luka yang diselidiki oleh pihaknya.

“Kalau dari karakter luka, jaraknya memang tidak terlalu jauh. Tetapi ada beberapa karakter jarak yang berbeda-beda. Itu dari hasil pendalaman kami,” ujar Anam di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Mengenai ada pertanyaan jumlah luka masuk dan keluarnya berbeda, menurut Anam karena dugaannya bahwa timah panas itu belum dikeluarkan dari tubuh Brigadir J.

“Jumlah luka masuk dan keluar berbeda karena memang ada yang masuk dan keluarnya memang pelurunya masih bersarang di tubuh. Sehingga jumlahnya berbeda,” ucap Anam.

Bhayangkara Dua (Bharada) Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (baju hitam) mendatangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk dilakukan pemeriksaan soal baku tembak sesama polisi. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

Komnas HAM baru saja memeriksa sejumlah ajudan Irjan Ferdy Sambo. Pemeriksaan itu merupakan rangkaian pendalaman kasus baku tembak sesama polisi yang melibatkan Brigadir J dengan Bhadara E di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Komnas HAM kemarin telah memeriksa Tim Forensik Kepolisian Indonesia (Polri), yang sempat mengotopsi jenazah Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat. Termasuk mengecek jenazah sebelum dan sesudah diotopsi.

Polri telah menaikkan status kasus baku tembak sesama polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo ke tahap penyidikan.

Ada dua laporan yang dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan dalam kasus itu, yakni terkait pelecehan dan pengancaman terhadap istri Ferdy Sambo. (dan)

Exit mobile version