Uji Balistik Kasus Brigadir J, Polri Dalami Sudut dan Jarak Tembak

Pendalaman-uji-Balistik

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasteyo memberikan keterangan soal pendalaman uji balistik peristiwa baku sesama polisi di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo. Foto: Instagram Divisi Humas Polri

INDOPOS.CO.ID – Tim Khusus (Timsus) Internal Polri melakukan pendalaman uji balistik laboratorium forensik di lokasi peristiwa baku sesama polisi di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2022).

Insiden baku adu tembak itu melibatkan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat dengan rekannya Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, Jumat (8/7/2022). Akibat kejadian itu Brigadir J meninggal dunia.

Pelaksanaan kegiatan itu melibatkan sejumlah pihak seperti Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis), Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) dan penyidik gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

“Tim Khusus melakukan, pendalam proses hasil uji balistik yang sudah dilakukan Pusat Laboratorium Forensik,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasteyo di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Terdapat dua senjata yang dilakukan pendalaman uji balistik hari ini. Diketahui Brigadir J menggunakan senjata api pistol jenis HS dengan magasin berisi 16 peluru, sementara Bharada E memakai pistol Glock dengan magasin berisi 17 peluru.

“Dari hasil uji balistik yang sudah dilakuakan Pusblafor, terkait sebuah senjata yang ditemukan di TKP yaitu senjata jenis Glock 17 dan senjata HS-9,” ucap Dedi.

Tujuan pendalaman yang dilakukan di lokasi diduga terjadinya baku tembak itu mengetahui beberapa hal. Dari sisi penembakan, ruang hingga tebaran akibat tembakan tersebut.

“Pendalaman untuk mengetahui pertama, sudut tembakan, jarak tembakan, kemudian sebaran pengenaan. Ini didalami terus Labfor, Inafis, kemudian dari kedokteran forensik,” imbuh Dedi.

Belasan tim laboratorium forensik mengenakan pakaian putih berkumpul di depan tempat kejadian perkara. Dua mobil berwarna hitam dari kepolisian terparkir di depan rumah dinas dikawal oleh anggota yang bertugas.

Turut hadir dalam uji balistik hari ini yakni, Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Gatot Repli Handoko, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedy Prasetyo, Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah, dan Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto. (dan)

Exit mobile version