Kasus Kematian Brigadir J, Komnas HAM Kantongi Foto Aktivitas di Magelang

ham

Komnas HAM memberikan keterangan perkembangan terbaru soal penyelidikan kasus baku tembak sesama polisi di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan. Foto: Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memperoleh temuan baru dari hasil pemeriksaan satu ajudan dan asisten rumah tangga (ART) Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Ferdy Sambo terkait peristiwa baku tembak sesama polisi. Ada gambar aktivitas di Magelang, Jawa Tengah.

Adu tembak itu melibatkan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan rekannya Bharada E di rumah dinas Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri nonaktif, Irjen Ferdy Sambo pada, Jumat (8/7/2022).

Brigadir J bersama sejumlah ajudan lain diketahui sempat bersama keluarga Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah. Mereka hendak kembali ke Jakarta. Dengab menempuh perjalanan 7 jam.

“Salah satu yang membuat ini kaya, terkait dengan apa yang terjadi di Magelang,” kata Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Senin (1/8/2022).

“Kami ditunjukkan dokumen foto, gak bisa kami tampilkan, karena itu harus kita verifikasi terlebih dahulu dan kami juga diperkaya dengan cerita-cerita terkait di Magelang,” tambahnya.

Sejauh ini, semua ajudan Ferdy Sambo sudah dilakukan pemeriksaan. Termasuk Bharada E yang dianggap sebagai saksi kunci peristiwa berdarah di rumah dinas pejabat Polri itu.

Ilustrasi seseorang menembak. Foto: Freepik

“Semua ajudan yang sudah dipublikasi itu, sudah kami periksa,” ujar Anam.

Komnas HAM telah Tim Forensik Kepolisian Indonesia (Polri), yang sempat mengotopsi jenazah Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat. Termasuk mengecek jenazah sebelum dan sesudah diotopsi.

Selain itu, mendalami keterangan Siber Bareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Mabes Polri. Ada 20 rekaman CCTV dari 27 titik yang diperiksa disita. Salah satunya, CCTV berada di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo.

Polri telah menaikkan status kasus baku tembak sesama polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo ke tahap penyidikan.

Ada dua laporan yang dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan dalam kasus itu, yakni terkait pelecehan dan pengancaman terhadap istri Ferdy Sambo. (dan)

Exit mobile version