Kuasa Hukum Istri Irjen Ferdy Sambo: Dugaan Pelecehan Naik ke Penyidikan

Kuasa Hukum Istri Irjen Ferdy Sambo: Dugaan Pelecehan Naik ke Penyidikan - Pelecehan Seksual terhadap Perempuan - www.indopos.co.id

ilustrasi pelecehan seksual terhadap perempuan. (dok indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Kuasa Hukum Putri Candrawati (istri Irjen Ferdy Sambo) Patra M Zen mengungkapkan, penanganan kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarata atau Brigadir J terhadap kliennya terus berjalan.

Hingga saat ini proses telah naik dari tahap penyelidikan ke penyidikan. “Laporan Klien kami telah diambil alih oleh Dirtipidum Mabes Polri. LP sudah ditindaklanjuti dan dinaikkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan sesuai SP. Sidik/1351/VII/2022/Ditreskrimum tanggal 18 Juli 2022,” ujar Patra M Zen melalui daring, Kamis (4/8/2022).

Menurut dia, langkah tersebut sesuai amanat dan jiwa undang-undang (UU) 12/2022 tentang TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual). Bahwa semua laporan perempuan korban kekerasan seksual wajib dianggap benar sampai terbukti sebaliknya.

ilustrasi kekerasan terhadap perempuan (dok indopos.co.id)

Hal yang sama dikatakan Kuasa Hukum Istri Irjen Ferdy Sambo Sarmauli. Dia berharap laporan dari kliennya tersebut bisa diproses secara cepat dan adil. “Kami memiliki harapan yang besar agar proses tindak lanjut LP tersebut dapat berjalan cepat, adil, dan transparan,” ujarnya.

Ia menuturkan, pada tahap penyidikan tim penyidik telah memeriksa saksi-saksi berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) ke-2 pada 22 Juli 2022 dan ke-3 pada 25 Juli 2022. Penyidik juga telah mengirimkan surat ke sejumlah instansi.

“Mereka (Penyidik) telah mengirimkan surat ke LPSK, P2TP2A, Ketua Ikatan Psikologis Klinis Indonesia, Ketua Asosiasi Psikolog Klinis Indonesia (APSIFSOR), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; dan RS Bhayangkara TK I Pusdokkes Polri dan akan melakukan pemeriksaan terhadap Ahli Psikologi dan Ahli Pidana Kekerasan Seksual,” bebernya.(nas)

Exit mobile version