HUT Ke-77 RI, Kesehatan Modal Utama Mengisi Kemerdekaan

HUT Ke-77 RI, Kesehatan Modal Utama Mengisi Kemerdekaan - menkes budi - www.indopos.co.id

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Ratas Evaluasi PPKM di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/4/2022). Foto: Humas Setkab/Agung

INDOPOS.CO.ID – Perayaan hari ulang tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia kembali mengalami berbagai penyesuaian. Mengingat momentum kemerdekaan tersebut masih di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, kesehatan merupakan salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas setiap penduduk Indonesia di tengah masa pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi Covid-19, kesehatan menjadi modal utama untuk kita dalam mengisi kemerdekaan,” kata Budi Gunadi saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Kemenkes mendukung upaya kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karenanya ia menginisiasi adanya transformasi di bidang kesehatan.

Ada enam jenis transformasi yang akan dilakukan, yakni transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan dan Teknologi Kesehatan.

“Sebagaimana demi melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk itu kami bekerja keras melakukan transformasi di bidang kesehatan demi memberikan pelayanan terbaik dalam mewujudkan Indonesia sehat bagi rakyat,” tutur Budi.

Ia mengingatkan, masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi Covid-19, untuk mencapai cakupan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster.

“Ayo tetap disiplin melakukan protokol kesehatan dan segera vaksinasi Covid-19, agar Republik Indonesia segera merdeka dari pandemi dan ekonomi pulih kembali. Dirgahayu Republik Indonesia lebih cepat dan bangkit,” imbuhnya.

Upacara 17 Agustus peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Istana Merdeka tahun ini akan dirayakan secara hybrid, yaitu secara offline dan online (virtual). Sebab kondisinya pandemi Covid-19 belum berakhir.

Masyarakat dari Sabang hingga Merauke diundang menghadiri dan ikut serta menyemarakkan upacara hari ulang tahun Indonesia di Istana Merdeka, baik secara fisik maupun virtual. (dan)

Exit mobile version