Cacar Monyet Terdeteksi di Indonesia, Laki-laki Berasal dari Jakarta

Penyakit-Cacar-Monyet

ilustrasi cacar monyet Foto: dok indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan kasus konfirmasi monkeypox atau cacar monyet di Indonesia. Itu berdasar hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) menunjukan positif pada, Jumat (19/8/2022).

“Hari ini, ada yang satu terkonfirmasi (cacara monyet) dari DKI Jakarta. Laki-laki berusia 27 tahun berdasarkan laporan pemeriksaan PCR tadi malam,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Sabtu (20/8/2022).

Pasien pertama kasus cacar monyet itu memiliki riwayat perjalanan luar negeri. “Pasien laki-laki memang habis bepergian dari luar negeri,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein mengklaim pemerintah telah melakukan surveilans aktif di semua pintu masuk negara terutama di bandara dan pelabuhan laut, setelah munculnya monkeypox di sejumlah negara.

Ilustrasi seseorang terjangkit cacar monyet. Foto: Freepik

“Deteksi dini di airport dilakukan oleh KKP (kantor kesehatan pelabuhan) terutama Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari Negara yang sudah ada kasusnya,” ucap Maxi saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Ketika PPLN datang ke Indonesia petugas di pelabuhan dan bandara akan melakukan pemeriksaan suhu, memerika gejala-gejala monkeypox. Terutama pada kulit kemerahan atau ruamz bintik-bintik merah, vesikel/ pustula yang ada di bagian muka, serta di telapak tangan.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) telah menetapkan, cacar monyet sebagai public health emergency of international concern (PHEIC) atau darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. (dan)

Exit mobile version