Duh, Jumlah Korban Terorisme di Indonesia Melonjak

Penangkapan-Teroris

Ilustrasi terorisme. Foto: dok indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Berdasarkan Global Terrorism Index 2022 yang mengkaji dampak terorisme pada suatu negara, termasuk jumlah korban dan kematian yang diakibatkan oleh terorisme, secara umum terjadi penurunan jumlah korban teroris secara global.

Namun di Indonesia, terjadi peningkatan jumlah korban terorisme akibat dari kekerasan yang terjadi di Papua pada 2021. “Selama ini negara telah hadir dan tidak ingkar terhadap tanggung jawab terhadap korban tindak pidana terorisme,” ungkap Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo di Jakarta, Minggu (21/8/2022).

Ia menyebut, sejumlah kompensasi dan bantuan diberikan kepada penyintas secara optimal. “Negara memperhatikan penyintas. Korban merupakan tanggung jawab negara. Kami bersama kalian,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan UNODC untuk Indonesia sekaligus mewakili Sekjen PBB, H. E. Ms. Valerie Juliand mengapresiasi kerjasama BNPT dan LPSK dalam penanganan korban terorisme.

“Kita akan selalu mengingat korban. Korban Terorisme tidak sendirian. Kita akan selalu mendukung dan membantu korban,” katanya.

“Kenangan terjadinya tindak pidana terorisme yang memakan korban akan terus menyadarkan kita untuk melawan terorisme. Hari ini kita berdiri dengan mereka,” imbuhnya.

Ilustrasi – Logo LPSK

Menurutnya dia, peringatan Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional untuk Para Korban Terorisme mengangkat tema ‘Surviving Terrorism: The Power of Memories’. Di mana korban terorisme di seluruh dunia menceritakan kisahnya, berbagi ingatan, emosi, dan makna yang mereka dapatkan pasca teror. “Kenangan ini untuk menumbuhkan solidaritas antar umat manusia, termasuk para korban,” tandasnya.

Sebelumnya, BNPT bekerjasama dengan LPSK dan dan The United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menyelenggarakan Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional untuk Para Korban Terorisme atau International Day of Remembrance of and Tribute to the Victims of Terrorism bertajuk urviving Terrorism: The Power of Memories’ di Jakarta (21/8/2022).

Terselenggaranya Hari Peringatan Korban Internasional (HPKI) ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara dalam melindungi dan mendukung penyintas (korban) tindak pidana terorisme. (nas)

Exit mobile version