Polri Bakal Periksa Istri Sambo Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

sambo

Tempat Kejadian Perkara (TKP) penembakan Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan nampak dipasangi garis polisi. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, penyidik bakal melakukan pemeriksaan terhadap istri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo, Putri Candrawathi untuk mendalami motif pembunuhan Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Termasuk mendalami peristiwa di Magelang, Jawa Tengah. Mengingat berdasar pengakuan Irjen Ferdy Sambo, dia melakukan tindakan keji itu setelah mendapat laporan yang dianggap mencederai harkat martabat keluarganya.

“Kami juga ingin memastikan sekali lagi memeriksa ibu Putri,” kata Listyo merespon pertanyaan dari anggota Komisi III DPR terkait motif dan peristiwa di Magelang saat rapat dengar pendapat (RDP) di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

“Sehingga nanti yang kami dapat, apalagi posisi beliau sebagai tersangka apakah berubah atau tidak. Dengan demikian kami bisa mendapatkan satu kebulatan terkait masalah motif,” tambahnya.

Anggota Komisi III DPR Sarifuddin Suding mengaku, mendapat informasi penyebab pembunuhan Brigadir J berawal dari peristiwa yang terjadi di Magelang.

“Setelah dia harkat dan martabat harga dirinya sebagai seorang suami dilecehkan sedemikian rupa. Pada titik ini saya ingin mengkonfirmasi benar atau tidak tentang kronologi ini?,” kata Suding.

Irjen Ferdy Sambo bersama istrinya Putri Candrawathi. Foto: Twitter

Ia menceritakan, pada 2 Juli 2022 rombongan Putri bersama Brigadir J, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Ricky Rizal, sopir Putri Kuat Ma’ruf dan seorang asisten rumah tangga bernama Susi pergi ke Magelang. Mereka pergi ke Magelang melihat anaknya yang sedang sekolah.

“Mereka tinggal di salah satu rumah di Magelang, rumah kecil lantai dua dan segala aktivitas di rumah itu bisa dilihat, sangat mudah untuk dilihat,” tutur Suding.

Selanjutnya pada 4 Juli 2022, Putri Candrawathi sedang tidur di sofa ruang tamu dan saat itu Brigadir J ingin memindahkan Putri ke kamarnya.

“Melihat kejadian itu, Kuat membentak Brigadir J agar tidak melakukan itu dan tidak menyentuh Ibu, lalu kemudian mengurungkan niatnya (Brigadir J),” ceritanya

Pada 6 Juli 2022, Sambo menyusul Putri yang telah lebih dulu pergi ke Magelang. Kedatangan Sambo merayakan hari ulang tahun pernikahannya dengan Putri.

“Bergabunglah mereka di sana di Magelang, besok paginya Ferdy Sambo pulang ke Jakarta tanggal 7 Juli 2022 pagi,” beber Sudding.

Berdasar informasi yang didapatnya, pemicu pembunuhan Brigadir J terjadi pada pukul 17.30 WIB. Brigadir J kepergok keluar kamar Putri Candrawathi yang berada di lantai 2.

“Saat itu Brigadir J masuk ke dalam kamar Putri di lantai 2 dan keluar dari kamar dilihat oleh Kuat, mengendap-ngendap lalu kemudian ditegur. Kenapa masuk ke kamar Ibu? Kemudian lari,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version