Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Komnas HAM Ingin Bharada E Dihadirkan

Brigadir J

Tempat Kejadian Perkara (TKP) penembakan Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan nampak dipasangi garis polisi. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menginginkan, Richard Eliezer alias Bharada E dapat dihadirkan dalam rekonstruksi kasus pembunuhan Yosua Hutabarat alias Brigadir J dii kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan pada Selasa (30/8/2022).

Tempat kejadian perkara itu merupakan rumah dinas eks Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo. Brigadir J meregang nyawa setelah ditembak Bharara E pada, Jumat (8/7/2022).

“Memang harapan Bharada E datang juga besar,” kata Komisioner (Komnas HAM) RI Choirul Anam di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Keinginan tersebut tentu bukan tanpa alasan, lantaran untuk mengungkap kisruh informasinya soal peristiwa berdarah yang menewaskan polisi muda itu. Mengingat ketika peristiwa tersebut muncul dinarasikan baku tembak.

Bharada E. Foto: dok Istimewa

“Menimbang berbagai keterangan, yang simpang siur dan sebagainya memang ada baiknya Bharada E datang,” ujar Anam.

Ia memahami, status Bharada E sebagai tersangka mendapat perlakuan khusus yang dilindungi LPSK usai menjadi justice collaborator (JC). Namun, sekiranya yang bersangkutan bisa menyingkap tabir secar terang benderang.

“Saya kira di sisi lain kita harus menghormati mekanisme di LPSK, dan status JC. Tapi di sisi lain kita kepingin adanya terangnya peristiwa,” imbuh Anam.

Kepala Bidang Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan rekonstruksi tersebut melibatkan sejumlah lembaga terkait, di antaranya adalah Kejaksaan Agung, Komnas HAM dan Kompolnas. Serta kuasa hukum ke lima tersangka.

“Fokus yang hadir besok penyidik, JPU, eksternal Komnas HAM dan Kompolnas. Untuk tersangka didampingi penasehat hukumnya,” ucap Dedi. Rekonstruksi bakal berlangsung sekira pukul 10.00 WIB. (dan)

Exit mobile version