Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

jopkowi

Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Setpres/Rusman

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ratu Elizabeth II, yang meninggal dunia di Istana Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia pada Kamis (8/9/2022). Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun.

“Saya sangat berduka atas meninggalnya ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai,” kata Jokowi dalam akun Twitter miliknya, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Ucapan duka terhadap pemimpin yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris turut itu disampaikan kepada seluruh anggota keluargan dan rakyat Inggris.

“Simpati terdalam dan belasungkawa saya yang tulus kepada keluarga kerajaan, pemerintah dan rakyat Inggris,” ucap Jokowi.

Sang Ratu tercatat sudah 70 tahun di atas takhta pada tanggal 6 Februari 2022. Tehitung srjak 10 Desember 1936, menjadi pewaris takhta setelah pamannya Raja Edward VIII turun tahta dan ayahnya menjadi raja.

Ratu Elizabeth II. Foto: news.sky.com

Dia merayakan dengan Platinum Jubilee pada bulan Juni untuk menandai kesempatan tersebut. Elizabeth meninggalkan empat anak, delapan cucu, dan 12 cicit. Putra sulungnya, Charles berusia 73 tahun, bakal menggantikannya dan segera naik takhta Inggris setelah kematiannya.

Sebelum meninggal dunia, kondisi kesehatannya sudah menurun sejak beberapa bulan belakangan. Pihak keluarga kerajaan mengumumkan para dokter khawatir tentang kesehatan Ratu dan menempatkannya di bawah pengawasan medis. (dan)

Exit mobile version