Kemenkes Beberkan Penyebab Aplikasi PeduliLindungi Error

Kemenkes Beberkan Penyebab Aplikasi PeduliLindungi Error - qr code pedulilindungi - www.indopos.co.id

QR Code untuk aplikasi PeduliLindungi. Foto: Dok Kemenkes

INDOPOS.CO.ID – Pengguna aplikasi PeduliLindungi mengeluhkan adanya gangguan yang dialami sejak, Rabu (14/9/2022) pagi. Sebagian masyarakat tidak bisa mengakses sertifikat vaksin Covid-19. Tim teknis PeduliLindungi sedang melakukan perbaikan.

“Mohon maaf, Saat ini terdapat gangguan pada aplikasi mobile dan web PeduliLindungi,” bunyi pengumuman di Instastory akun Instagram PeduliLindungi, Rabu (14/9/2022).

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril menyatakan, saat ini laman web dan aplikasi PeduliLindungi tidak dapat diakses karena sedang dalam proses pemeliharaan rutin.

“Dalam beberapa jam web dan aplikasi PeduliLindungi dapat segera digunakan kembali,” ujar Syahril dikonfirmasi secara terpisah.

Kemenkes sudah menginformasikan kepada pihak KKP, pengelola bandara, dan transportasi publik terkait gangguan ini. Pengelola jasa dipastikan tetap memberikan pelayanan.

Masyarakat harap dapat menunjukkan sertifikat vaksinnya (yang telah diunduh/disimpan) saat melakukan perjalanan dengan transportasi publik.

Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi sebagai alat pemantauan mobilitas masyarakat dan protokol kesehatan. Foto: Ist

“Masyarakat juga diimbau untuk segera melakukan update aplikasi PeduliLindungi versi terbaru. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” imbuh Syahril.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, yang tersedia untuk gawai dengan sistem operasi Android dan juga iOS, serta tersedia juga versi web.

Aplikasi tersebut memiliki beberapa fungsi, antara lain memberikan peringatan kepada pengguna jika berada di area yang terdapat banyak kasus positif Covid-19.

Melakukan pengawasan pergerakan orang-orang yang terpapar Covid-19, mengunduh sertifikat vaksin, memberikan informasi hasil tes Covid-19, menjadi sarana mengakses layanan transportasi publik dan tempat publik lainnya. (dan)

Exit mobile version