Percepat Transformasi Digital di Tubuh Polri

Percepat Transformasi Digital di Tubuh Polri - polda riau - www.indopos.co.id

Para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) mengikuti kegiatan literasi digital. Foto: Kemkominfo untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus meningkat literasi digital masyarakat. Salah satunya menyasar personal Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Bhabinkamtibmas di bidang teknologi digital,” ujar Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Riau, Inspektur Jenderal (Irjen) Muhammad Iqbal dalam keterangan, Sabtu (24/9/2022).

Ia mengatakan, kegiatan literasi digital ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan Polri. Sehingga Bhabinkamtibmas cerdas dan berkompetensi di bidang digital untuk melindungi dan mengayomi masyarakat di era industri 4.0.

“Kita sebagai penjamin keamanan, pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sekaligus pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat. Jadi sangat penting sekali mempunyai
kompetensi literasi digital. Karena cyberspace, ruang digital itu sangat besar dan tanpa batas,” ungkapnya.

Tangkapan layar ruang sidang etik Polri. Foto: YouTube Polri Tv

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto menyebut materi yang diberikan kepada para peserta yakni empat pilar literasi digital. Di antaranya kecakapan digital, keamanan digital, budaya digital dan etika digital.

“Para anggota Bhabinkamtibmas harus mengenal dan mengadopsi teknologi digital dalam menunjang tugas pokoknya sehari-hari dalam membina masyarakat, mendeteksi dini berbagai kemungkinan ataupun suasana yang ada di masyarakat. Mereka dituntut melakukan mediasi agar tercipta kondisi yang kondusif di dalam masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemkominfo bersama Relawan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dan Polda Riau menggelar Bhabinkamtibmas Cakap Digital. Kegiatan diikuti ribuan personel Bhabinkamtibmas. (nas)

Exit mobile version